Bank Indonesia Provinsi Jambi memberikan beasiswa kepada 5 anak yatim di Kota Jambi yang orang tuanya meninggal akibat COVID-19 sebagai wujud tali asih BI Jambi di masa pandemi.
 
Penyerahan beasiswa secara simbolis dihadiri oleh Wakil Walikota Jambi, Dr. Maulana pada Jumat (12/11) .  Wakil Walikota Jambi mengatakan, bantuan yang diberikan Jambi sangat membantu anak-anak untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya.
 
"Anak-anak kami yang ditinggalkan orang tuanya akibat COVID-19 hari ini yang mendapatkan tali asih dari Bank Indonesia sebanyak 5 orang anak, maka hasil diskusi kami dengan BI Jambi untuk diberikan bantuan kepada mereka selama 6 bulan, setiap bulannya Rp1 juta dan kami sudah mendata keseluruhan ada 72 anak-anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena COVID, "ungkap  Maulana Wakil Wali Kota Jambi.
 
Maulana  juga menghimbau kepada siapa saja pelaku usaha dan masyarakat mampu lainnya untuk dapat saling membantu anak-anak yatim piatu yang ditinggalkan oleh orang tuanya akibat COVID-19 ini.
 
" Kami membuka penawaran kepada siapapun pelaku usaha orang mampu yang ingin berbuat baik membantu mereka dan hari ini di awali pelopornya Bank Indonesia memberikan bantuan program beasiswa, "imbuhnya.
 
Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution mengatakan, adapun dana beasiswa ini berasal dari dana Zakat Infaq Sadaqah (ZIS) pegawai Bank Indonesia Provinsi Jambi yang atas informasi dari Pemerintah Kota Jambi didapatkan data mengenai jumlah anak yatim yang orang tuanya meninggal dunia akibat COVID-19. 
 
"Akan kita salurkan tiap bulan sebesar Rp1 juta selama 6 bulan . Nanti akan kita tinjau untuk selanjutnya untuk diperpanjang,"terang Suti.
 
Melalui beasiswa ini, BI Jambi berharap agar dana bisa digunakan untuk mensuport  aktivitas pendidikan dan memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak penerima disamping beasiswa atau bantuan yang selama ini sudah diberikan pemerintah kepada mereka. 
 
Suti menyebutkan bahwa pandemi memberikan banyak pelajaran bagi semua, pandemi menjadikan warga harus saling tolong menolong. 
 
"Mudah-mudahan ini berkah dan bisa menjadi awal keterpanggilan instansi lain untuk ikut ambil bagian membantu anak-anak ini,"harap Suti.
 
Disamping beasiswa, dikatakan Suti sejauh ini Bank Indonesia Jambi sudah memberikan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi. BI Jambi juga memberikan bantuan berupa pelatihan kepada UMKM dan pelatihan demplot pada sektor ketahanan pangan hingga pendampingan sertifikasi halal bagi UMKM.
 

Pewarta: Sibhatullah Hisa Huji

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021