Jambi Kota Seberang merupakan salah satu daerah yang masih memegang adat budaya melayu dan tradisi Islam yang kuat di Kota Jambi. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu kawasan ini merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Melayu Islam Jambi sehingga Jambi Kota Seberang berpotensi didorong untuk menjadi destinasi atau kawasan wisata budaya, sekaligus wisata religi.
 
Inilah kemudian yang siap dipromosikan kembali oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jambi dengan mengangkat cerita Jambi bengen melalui kenduri budaya yang digelar pada Rabu (8/12) di Jambi Kota Seberang. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution mengatakan untuk mendukung pengembangan pariwisata di Jambi Kota Seberang, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi berkolaborasi dengan pemerintah daerah, stakeholder terkait dan key opinion leaders menggelar Kenduri Budayo Jambi 2021. Hal ini merupakan kontribusi nyata Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi dalam mendorong pengembangan pariwisata di Provinsi Jambi.
 
"Bank Indonesia melihat bagaimana Jambi Seberang ini memiliki budaya kuno yang luar biasa dan dapat dijual untuk pariwisata. Untuk itu, perlu diangkat  dan dilestarikan, serta perlu dipromosikan,"kata Suti.
 
Melalui kenduri budayo inilah nantinya diharapkan dapat mempromosikan  pariwisata Jambi Seberang . Tentunya akan berdampak untuk masyarakat Seberang dari sisi industri kreatif, kuliner dan lain sebagainya yang turut mengangkat budaya Jambi dan pada akhirnya akan berdampak pada perekonomian daerah.
 
Untuk kembali mengangkat cerita Jambi bengen, Kenduri Budayo 2021 mengemasnya dengan menghadirkan  kegiatan-kegiatan yang dapat mengingatkan pengunjung bernostalgia dengan nuansa zaman dahulu ataupun merasakan tradisi Jambi zaman dahulu, khususnya di Jambi Kota Seberang, seperti makan bersama atau yang dikenal masyarakat setempat dengan sebutan makan berawang. 
Kenduri Budayo mengangkat kekayaan budaya Jambi mulai dari kesenian tradisional, makanan khas, kerajinan tangan hingga kain tradisional khas Jambi. Kegiatan diisi dengan  penampilan kompangan, seloko adat, fashion show batik Jambi  hingga makan bersama.
Penyambutan tamu sesuai adat Melayu Jambi (ANTARA/Tuyani)
"Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi juga menghadirkan gelaran busana Batik Jambi, karya desainer nasional Wignyo Rahadi dan desainer lokal Jambi Bima Zikwan,"ujar Suti.
Pergelaran busana batik Jambi karya desainer Wignyo dan Bima Zikwan (ANTARA/Tuyani)
Walikota Jambi, Syarif Fasha hadir dalam Kenduri Budayo 2021 mengatakan,Kenduri Budayo telah mengangkat budaya Kota Jambi ke tingkat nasional. 
 
"Terima kasih kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi yang telah berinisiatif membuat kegiatan ini, kami Pemerintah Kota Jambi sangat terbantu karena kegiatan ini membantu kami mempromosikan wisata religi Jambi Kota Seberang,"ujar Walikota Jambi.
 
Tamu yang hadir di Kenduri Budayo (ANTARA/Tuyani)
Kenduri budayo Jambi ini juga dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hesti Haris, Ketua Dekranasda Kota Jambi, Yuliana Fasha, Ketua Persatuan Istri Anggota DPRD provinsi Jambi, Ketua Persatuan Istri Tentara Korem 042 Gapu Provinsi Jambi,Kketua Lembaga Masyarakat Adat Provinsi Jambi, Ketua Komunitas Masyarakat Jambi Kota Seberang, serta Forkopimda Kota Jambi.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021