Sekat yang dibangun di badan kanal buatan di lahan gambut yang ada di wilayah Desa Puding, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, bocor sejak beberapa hari lalu.

Komandan Distrik Militer 0415/Jambi Kolonel CZI Siyanto di Jambi, Kamis, mengatakan bahwa sudah ada tim yang diturunkan untuk mengecek kondisi sekat kanal di desa tersebut.

"Karena sekat kanal ini terkait dengan kerawanan kebakaran hutan dan lahan, maka harus segera ditindaklanjuti," kata Sriyanto.

"Sementara kita bangun sekat darurat dulu, dan nanti bersama-sama kita kerjakan sembari mencari solusi lain," ia menambahkan.

Ia mengemukakan perlunya mengedukasi masyarakat di sekitar lahan gambut agar tidak mengambil kayu yang digunakan sebagai sekat kanal serta membentuk tim yang bertugas memantau kondisi sekat kanal secara berkala.

Selain itu, ia melanjutkan, perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sekitar lahan gambut juga harus dilibatkan dalam upaya untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran lahan gambut.

Sekat atau tabat dibangun di kanal-kanal yang dibuat untuk mengeluarkan air dari lahan gambut ke tempat lain guna mencegah penurunan permukaan air di lahan gambut. Penyekatan kanal dilakukan untuk meningkatkan retensi air lahan gambut sehingga lahan gambut tetap basah dan tidak mudah terbakar.


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021