Pemerintah Kota Jambi menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19 mengingat kasus konfirmasi positif di mengalami peningkatan.

"Dapat kami informasikan bahwa dalam sepekan terjadi kenaikan tren kasus konfirmasi COVID-19 dan hari ini kasus konfirmasi berjumlah 15 orang, terus tingkatkan disiplin protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jambi Abu Bakar di Jambi, Minggu. 

Hingga saat ini terdapat 28 orang pasien COVID-19 yang menjalani proses perawatan di fasilitas kesehatan yang menjadi rumah sakit rujukan pasien COVID-19.

Abu Bakar menjelaskan riwayat kontak pasien konfirmasi positif COVID-19 berasal dari riwayat perjalanan luar daerah atau berasal dari pelaku perjalanan luar daerah. 

Saat ini Pemerintah Kota Jambi tengah melakukan upaya tracing kasus aktif terhadap seluruh kontak erat pasien COVID-19. Selain itu beberapa sampel juga telah di kirim ke Puslitbangkes Kementerian Kesehatan RI untuk melihat genom virus dan jenis varian virus tersebut.

"Kami terus mengimbau masyarakat agar senantiasa waspada dan berhati-hati jika beraktivitas di luar ruang, sembari memperkuat upaya proteksi diri, keluarga dan lingkungan sekitar, dengan selalu taat dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari," kata Abu Bakar. 

Masyarakat juga di imbau segera melakukan vaksinasi lengkap dosis pertama dan ke dua, serta vaksinasi penguat atau booster.

"Silahkan cek tiket vaksinasi booster melalui aplikasi peduli lindungi, vaksinasi dapat dilaksanakan di seluruh rumah sakit dan puskesmas terdekat dalam wilayah Kota Jambi," kata Abu Bakar.

Dan capaian vaksinasi COVID-19 Kota Jambi saat ini telah mencapai 104 persen. Saat ini Pemkot Jambi tengah mengejar capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun. 
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022