Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi membuka layanan penukaran uang pecahan kecil melalui mobil kas keliling bersama 8 bank umum di Kota Jambi .

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution mengatakan untuk penukaran uang pecahan kecil melalui mobil kas keliling ini masyarakat dapat mendaftar terlebih dahulu dengan aplikasi 'pintar'.

"Nanti masyarakat bisa mengisi data terlebih dahulu  melalui website aplikasi pintar," kata Suti.

Adapun untuk pemesanan melalui aplikasi pintar ini masyarakat bisa membuka website aplikasi Pintar di laman http://pintar.bi.go.id, lalu pilih menu penukaran uang rupiah melalui kas keliling. Selanjutnya pilih provinsi lokasi kas keliling dan klik lihat lokasi  sehingga akan muncul tampilan lokasi kas keliling dalam bentuk tabel  pilih lokasi kas keliling yang diinginkan.

Pada bagian data pemesan, masyarakat  diharuskan mengisi dengan lengkap data pemesanan meliputi NIK KTP, nama, nomor telepon dan alamat email. Pada detail pecahan masyarakat juga mengisikan jumlah lembar uang rupiah yang ingin ditukarkan.

Setelah itu akan muncul resume bukti pemesanan yang juga akan dikirimkan ke alamat email, resume tersebut dapat diunduh dalam bentuk PDF  dengan klik download bukti pemesanan.

"Nanti tinggal tunjukkan bukti pemesanan kepada petugas dan bawa KTP," terangnya.

Dirinya meneruskan, pemesanan penukaran uang melalui aplikasi pintar ini ini dapat dilakukan mulai H-7 hingga H-1 jadwal penukaran uang. Bank Indonesia Provinsi Jambi juga siap membantu masyarakat dalam penggunaan aplikasi pintar ini.

"Sudah zamannya digital sehingga kita harus menyesuaikan, aplikasi ini juga sudah lama digunakan untuk penukaran uang rusak," terangnya.

Jadwal pelaksanaan mobil kas keliling ini dimulai pada 12 April 2022, 13 April 2022, 19 April 2022, 20 April 2022, 25 April 2022, 26 April 22 dan 27 April 2022 di lapangan Bank Indonesia Provinsi Jambi. Dalam menghadapi kebutuhan uang pada ramadhan dan idul fitri tahun 2022 ini, BI Jambi menyiapkan uang rupiah senilai Rp2,4 triliun.

"Kalau untuk menukar di 34 perbankan umum di Jambi bisa langsung saja tidak pakai aplikasi pintar," tutupnya.


 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022