Presiden Joko Widodo akan kurban  seekor sapi   untuk disembelih  di Masjid Al Ikhsan Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi pada  Hari Raya Idul Adha 1443 hijriah.

"Lokasi pelaksanaan kurban sapi dari Presiden Jokowi sudah di tetapkan, yakni di Masjid Al Ikhsan di Kabupaten Muaro Jambi," kata Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Jambi Mukhtamar Hamdi di Jambi, Selasa.

Penyembelihan sapi  kurban  dari Presiden di Provinsi Jambi tersebut dilakukan di lokasi yang berbeda setiap tahunnya. Dimana pada tahun 2020 Presiden Jokowi melaksanakan kurban di Kecamatan Mendalo, Kabupaten Muaro Jambi. Kemudian pada tahun 2021 dilaksanakan di Mesjid Raya Al Munawarrah, Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi. 

Adapun bobot sapi kurban dari Presiden di Provinsi Jambi tersebut mendekati satu ton. 

Karena maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, maka sapi kurban dari Presiden mendapat penanganan khusus. 

Mukhtamar menjelaskan sebelum sapi kurban diserahkan kepada panitia kurban, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan.

Selain itu selama berada di pedagang, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan secara rutin dan berkala untuk memastikan kondisi sapi tetap dalam keadaan baik dan sehat. 

"Pemeriksaan kesehatan tentunya terus dilakukan, sebelum diserahkan ke panitia kurban juga dilakukan pemeriksaan," kata Mukhtamar Hamdi. 

Suardi, warga Alam Barajo Kota Jambi,  penjual sapi  kurban pesanan dari tim  Presiden menyebutkan ia sudah delapan tahun  menyediakan dan menjual sapi  untuk kurban orang nomor satu di Indonesia itu di Jambi.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022