Gubernur Jambi H Al Haris mengapresiasi Polri yang telah memberi kesempatan menerima pemuda Suku Anak Dalam atau Orang Rimba menjadi anggota kepolisian di daerah itu.

"Kami sangat mengapresiasi Polri dalam hal ini Polda Jabar yang telah memberikan kesempatan tiga pemuda SAD menjadi anggota Polri, ini jelas sebuah kemajuan untuk pembangunan SDM Jambi," kata Gubernur Haris pada syukuran Hari Bhayangkara ke-76 di SPN Polda Jambi Pondok Meja di Kabupaten Muaro Jambi, Selasa.

Ia menyebutkan, pemuda SAD yang mendapat kesempatan seleksi dan lolos menjadi anggota Polri itu digodok bersama calon anggota Polri lainnya di SPN Polda Jambi Pondok Meja.

Bahkan, sudah ada yang lulus pendidikan dan ditempatkan di daerah asalnya untuk bersama-sama bersinergi membangun daerahnya, di kawasan tempat tinggal  Suku Anak Dalam.

"Mereka sudah ada yang bertugas di tengah-tengah komunitasnya, agar ia bisa memberikan perubahan. Perlu orang dalam dari  mereka untuk bisa masuk dan membawa warga SAD ke arah perubahan yang lebih baik, ini untuk kesejahteraan mereka," kata gubernur.

Tak hanya menjadi anggota Polri, pemuda SAD juga sudah yang menjadi anggota TNI yang juga setelah lulus pendidikan terjun ikut membina daerahnya. Selain itu di tingkat perguruan tinggi, pemuda SAD juga sudah ada yang berkuliah dengan fasilitasi bea siswa.

Salah satunya melalui pendampingan Forum Komunikasi Sinergi Pemberdayaan Suku Anak Dalam (FKSPSAD) yang di dalamnya terdiri dari berbagai elemen baik pemerintah, perusahaan, kampus, LSM serta stakeholder lainnya.

Pada kegiatan peringatan Hari Bhayangkara ke-76 itu, Gubernur Al Haris, Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo dan Forkopimda Provinsi Jambi mengikuti upacara HUT Bhayangkara ke-76 tahun 2022 secara virtual di lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi Pondok Meja itu.

Upacara peringatan HUT Bhayangkara tersebut, secara nasional, dipusatkan di Kampus Akademi Kepolisian RI di kawasan Candi, Semarang, Jawa Tengah.

Usai mengikuti upacara, Kapolda Jambi beserta seluruh tamu undangan mengikuti acara syukuran HUT Bhayangkara ke-76 di GOR SPN  Polda Jambi.

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah Provinsi Jambi dan masyarakat Jambi yang telah memberikan dukungan kepada kepolisian di Jambi dalam menjalankan tugas. Harapannya Jambi selalu dalam kondisi aman dan kondusif.

"Jambi yang dalam keadaan kondusif tidak terlepas dari dukungan dan peran masyarakat Jambi," kata kapolda.

Gubernur Jambi Al Haris turut mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polda Jambi yang telah mendukung pembangunan dan menjaga kamtibmas di wilayah provinsi itu.

"Harapan ke depannya sinergi antara Pemerintah Provinsi Jambi, Polda Jambi dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Jambi semakin solid untuk kepentingan masyarakat Jambi," kata Al Haris.


 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022