Gubernur Jambi Al Haris mengapresiasi kegiatan  Temu Teater Mahasiswa Nusantara (Temu Teman) ke-19 yang dirangkaikan dengan  peringatan  Hari Air Sedunia tahun 2022. 

Kegiatan yang dimotori Forum Seni Mahasiswa Jambi (FSMJ) dan dihadiri perwakilan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia itu  digelar di GOR Kota Baru Kota Jambi, Kamis.

"Pemprov Jambi mengapresiasi langkah mahasiswa nusantara yang peduli terhadap air dan sungai sebagai kebutuhan seluruh makhluk hidup," kata Gubernur Al Haris pada kegiatan itu.

Menurut gubernur, setidaknya akan semakin menambah kecintaan masyarakat dan juga  generasi muda terhadap seni yang di dalamnya menyuarakan sangat pentingnya air bagi kehidupan. Air merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup di manapun habitatnya.

Provinsi Jambi berkondisi geografis terdiri dari dataran tinggi, sedang, dan rendah, yang dilalui oleh aliran Sungai Batanghari  sepanjang lebih kurang 870 kilometer.

Provinsi Jambi memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga kelestarian Sungai Batanghari, diantaranya dengan menjaga kualitas air, sedimentasi, serta tata guna lahan yang berada di hulu hingga hilir sungai, karena selain sebagai sumber air baku untuk kebutuhan sehari-hari, Sungai Batanghari juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi menuju outlet atau pelabuhan yang berada di hilir sungai.

Dia juga berpesan kepada semua pihak, agar dalam pengelolaan sumber daya air di Provinsi Jambi, tidak melupakan koordinasi dan sinkronisasi dengan provinsi yang berbatasan karena hulu sungai banyak berada di provinsi tetangga.

"Jika koordinasi dan sinkronisasi tersebut terjalin dengan baik maka  sangat membantu dalam menjaga ketersediaan pasokan air di Provinsi Jambi. Ke depannya perlu menjadi pemikiran bersama untuk mengelola aliran Sungai Batang Hari tersebut dalam suatu konsep pengelolaan 'one river one management'," kata Al Haris.

Pemerintah Provinsi Jambi memberikan perhatian  besar terhadap pelestarian lingkungan, yang berkorelasi besar dengan ketersediaan air tanah dan debit air sungai. Salah satu prioritas pembangunan adalah dalam peningkatan kualitas dan kelestarian lingkungan hidup serta mitigasi perubahan iklim.

Berbagai upaya telah dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Jambi terhadap kelestarian Sungai Batanghari, salah satunya Pencanangan Gerakan Sungai Batanghari Bersih.  Pada 9 Maret 2022, Gubernur Jambi bersama Bupati/Wali Kota Se Provinsi Jambi menandatangani MoU untuk menjaga dan memelihara kondisi Sungai Batanghari agar lebih baik, lebih sehat dan lestari.

 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022