1. Tahun Baru : 31 Desember - 1 Januari

Hari-hari perayaan di Rusia  (HO/Ist)

Pada tanggal 31 Desember, salah satu ritual yang sangat sering dilakukan oleh masyarakat Rusia adalah memakan semangkuk salad Olivier sambil menonton film Soviet, The Irony of Fate atau May Steam Be with You yang ditayangkan di semua saluran TV pada hari itu.

Menurut jajak pendapat oleh Pusat Penelitian Opini Publik Rusia (RPORC), 96 persen dari semua orang Rusia merayakan Tahun Baru dengan meriah.

Pesta yang luar biasa ini diikuti dengan satu minggu lagi hari libur resmi yang disebut hari “Tahun Baru Malam Orang Rusia” dimana mereka mengecat kota dengan warna merah.

Selanjutnya, pada tanggal 7 Januari, sebagian orang merayakan Natal Ortodoks bersama keluarga masing-masing, tetapi ketika masa Uni Soviet, hari libur keagamaan ditiadakan sehingga menyebabkan perayaan ini tidak umum dilakukan di banyak keluarga.
 

2. Hari Pembela Tanah Air : 23 Februari

Hari-hari perayaan di Rusia  (HO/Ist)

Sejak tahun 1922, tanggal ini diperingati sebagai Hari Tentara Merah karena semua pria di Uni Soviet harus melakukan dinas militer.

Saat ini, hari tersebut disebut sebagai "hari pria" bahkan bagi anak laki-laki di taman kanak-kanak juga diberi selamat dan penghormatan pada hari ini.

Ketika Hari Pembela Tanah Air datang, kaum perempuan memberikan hadiah kepada pria.

Pekerja wanita kerap kali mengatur pesta kantor dan menyiapkan kejutan untuk pekerja pria.

Pada hari ini, pria-pria Rusia mendapatkan selamat dan kalimat-kalimat menyejukkan mengenai betapa kuat dan beraninya mereka, serta doa agar semua impian mereka menjadi kenyataan.
 

3. Hari Perempuan Internasional : 8 Maret

Hari-hari perayaan di Rusia (HO//ist)

Pada Hari Perempuan Internasional, para wanita Rusia mendapatkan berbagai hadiah dan juga bunga dari orang-orang terdekat.

Mereka mendapatkan bunga dengan jumlah ganjil karena di Rusia terdapat mitos mengenai jumlah bunga yang genap melambangkan kematian layaknya bunga di kuburan.

Sejarah liburan ini berkaitan erat dengan perjuangan hak-hak perempuan dimana pada tahun ini, tahun revolusioner 1917, pekerja pabrik mengambil bagian dalam demonstrasi di Petrograd (St. Petersburg) lalu empat hari kemudian Tsar Nicholas II memberikan perempuan hak untuk memilih.

Namun terlepas dari latar belakang feminis nya, perayaan ini menganut prinsip yang lebih tradisional untuk memberi selamat kepada ibu dan istri di Rusia dengan mengatakan pujian dan memberikan hadiah-hadiah kecil.

 

4. Paskah (tanggal bervariasi)

Hari-hari perayaan di Rusia  (HO/Ist)

Meskipun Paskah bukan hari libur umum di Rusia, tetapi hari ini adalah hari libur Ortodoks yang paling dicintai bagi orang Rusia.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa perayaan ini dirayakan oleh 82 persen penduduk negara itu, dengan Natal hanya 77 persen.

Paskah menandakan akhir Pra Paskah, jadi bagi masyarakat yang cenderung religius, hari ini juga merupakan hari berbuka puasa bagi mereka.

Kue Paskah yang dikenal sebagai kulich dan telur yang dihias dibawa ke gereja pada hari “Sabtu Suci” untuk disucikan dan pada hari minggu makanan tersebut dikonsumsi dengan penuh semangat.

 

5. Hari Buruh : 1 Mei

Hari-hari perayaan di Rusia  (HO/Ist)

Orang-orang yang tumbuh di Uni Soviet mengingat liburan ini dengan nostalgia yang lebih ditunggu-tunggu daripada Tahun Baru.

Demonstrasi “Hari Mei” adalah acara yang ceria dan menyenangkan dengan banyak lagu dan bunga dimana setiap anak ingin pergi untuk bersenang-senang.

Orang Rusia biasanya memiliki 4-5 hari libur di awal bulan Mei sehingga orang-orang biasanya menggunakannya untuk pergi ke dacha dan bersantai di pedesaan.

 

6. Hari Kemenangan : 9 Mei

Hari-hari perayaan di Rusia (HO/Ist

Liburan ini dirayakan oleh 95 persen populasi Rusia dan merupakan perayaan yang paling populer kedua setelah Tahun Baru.

Pagi hari selalu dimulai dengan menonton parade militer tradisional di Lapangan Merah melalui televisi

Orang-orang juga memberikan selamat kepada para veteran, terutama kerabat mereka.

Film perang Soviet ditayangkan di televisi sepanjang hari.

Sejak 2015, tradisi baru muncul dengan arak-arakan Resimen Abadi. Orang-orang membawa foto kerabat yang bertempur pada Perang Dunia Dua dan acara peringatan berlangsung secara nasional. 

 

7. Hari Rusia : 12 Juni

Hari-hari perayaan di Rusia  (HO/Ist)

Hari Rusia adalah hari libur yang relatif muda yang secara resmi dirayakan sejak tahun 1992.

Pada hari inilah Deklarasi Kedaulatan Negara Rusia diadopsi yang secara efektif merdeka dari Uni Soviet.

Menurut jajak pendapat RPORC, liburan ini dirayakan oleh 54 persen penduduk negara itu.

 

8. Hari Persatuan Nasional : 4 November

Hari-hari perayaan di Rusia  (HO/IIst)

Perayaan ini adalah hari libur terbaru bagi Rusia yang dirayakan sejak 2005.

Peringatan resmi Revolusi Oktober 1917 telah diperingati pada 7 November, tetapi dibatalkan setelah runtuhnya Uni Soviet.

Namun, kebiasaan lama itu sulit dihilangkan dan bagi masyarakat Rusia secara psikologis, hari ini dibuat agar masyarakat memiliki hari libur di awal November.

Selain itu, liburan sekolah biasanya berlangsung pada minggu pertama bulan ini.

Sejarah Hari Persatuan Nasional dikaitkan dengan “Masa Kesulitan” dan intervensi Polandia pada tahun 1612.

Para pahlawan dalam kisah tersebut, Kuzma Minin dan Dmitry Pozharsky (sebuah monumen untuk mereka berdiri di Lapangan Merah), memimpin milisi rakyat dan membebaskan tanah Rus dari Persemakmuran Polandia-Lithuania yang mana terjadi pada awal bulan November. (dari berbagai sumber)

Pewarta: Nazela Azzahra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022