Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi berdasarkan laporan dari PT Pos Indonesia selaku pihak yang menyalurkan Bantuan Tunai Langsung Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) ke masyarakat hingga Senin (19/9) sudah tersalurkan sebesar 85 persen.

Kepala Dinsosdukcapil Provinsi Jambi Arief Munandar di Jambi, Selasa mengatakan, dari total 179.684 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapat BLT BBM sudah ada sekitar 152 ribuan penerima yang sudah tersalurkan langsung ke masyarakat sedangkan 15 persen penerima yang belum tersalur masih dalam proses pencarian yang memakan waktu karena ada ratusan ribu penerima.

"Yang belum ini karena wessel-nya yang harus dicetak terlebih dahulu dan kemudian dikirimkan ke alamat penerima melalui pihak kecamatan dan kelurahan," katanya.

Penyaluran BLT BBM ini menurut Arief sudah diproses sejak dua minggu lalu dimana bantuan ini disalurkan dalam rangka membantu Keluarga Penerima Manfaat seiring dengan kenaikan harga BBM subsidi yang ditetapkan pemerintah pada awal September lalu.

Arief juga mengatakan akan melihat kebijakan pusat lantaran program BLT BBM ini merupakan program Kementerian Sosial dan masyarakat yang dapat ini merupakan mereka yang juga dapat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Nanti kita lihat bagaimana pendataan dari pusat terkait pemberian BLT BBM ini dimana yang jelas penyaluran sudah dilaksanakan dan diproses sejak dua pekan lalu dan bantuan ini disalurkan dalam rangka membantu Keluarga Penerima Manfaat seiring dengan kenaikan harga BBM subsidi," kata Arief Munandar.

Untuk pelaksanaannya di lapangan penyaluran BLT BBM di berbagai daerah di Provinsi Jambi berjalan aman dan lancar dibawah pengalawan pihak kepolisian dan TNI setempat agar pelaksananya bisa tertib.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022