Organisasi Kemahasiswaan (OK) PTQ Al Furqon Fakultas  Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA), sukses menggelar kegiatan MTQ Mahasiswa (MTQM) Nasional FKIP se-Indonesia.

Kegiatan MTQM tersebut berlangsung dari tanggal 22 Agustus – 14 September 2022. Babak penyisihan dilangsungkan secara daring, sementara babak final sekaligus penutupan diadakan secara luring di Universitas Jambi.

Ini adalah kali pertama OK PTQ AL FURQON FKIP UNJA mengadakan MTQM Nasional FKIP se-Indonesia pada Senin (12/9/2022).

Kegiatan MTQM tersebut mengusung tema ‘Urgensi Nilai-nilai Qurani dalam Mewujudkan Generasi Rabbani menuju FKIP yang World Class Faculty’.

Tujuan kegiatan tersebut ialah untuk meningkatkan peran mahasiswa sebagai generasi yang bisa mengamalkan nilai-nilai Qurani dan terjalinya silaturahmi.

Adapun rincian mahasiswa FKIP yang meraih prestasi diantaranya:

Aldo Pratama (Juara I Lomba Hifzil Qur’an 10 Juz Putra),
Akmal Salindri (Juara I Lomba Tilawah Qur’an Putra),
Mubarak (Juara I Lomba Khatil Qur’an Dekorasi),
Nopri Febriyanti (Juara I Lomba Debat Bahasa Arab),
Tim Fahmil yang terdiri dari Yusuf Ridwan Sholihin, Alya Mafaza, Rifkon Adinata (Juara I Cabang Fahmil Qur’an),
Hermiawati (Juara I Lomba Debat Bahasa Arab),
Amrul Khalik (Juara II Lomba Debat Bahasa Arab),
Khairunnisa (Juara II Lomba Hifzil Qur’an 10 Juz Putri),
Muwafik Azizah (Juara II Lomba Tartil Qur’an Putri daqn Juara II Lomba Maulid Berjanji),
Rahmi Auliya (Juara II Lomba Mualid Berjanji),
Santi Novita Sari (Juara II Lomba Maulid Berjanji),
Hani Nazopa (Juara II Lomba Maulid Berjanji),
Titin Amelia (Juara II Lomba Maulid Berjanji),
Vevil Ramayanti (Juara III Lomba Debat Bahasa Inggris),
Nurlaili Purnama Sari (Juara III Lomba Tilawatil Qur’an Putri), dan
Zulfadilah (Juara III Lomba Fahmil Qur’an).
 

Ketua Panitia MTQM Nasional FKIP se-Indonesia, Jumah Purnomo mengungkapkan perasaan bahagia dan ucapan terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Tentunya saya bahagia FKIP UNJA bisa menjadi tuan rumah pada MTQM Nasional FKIP se-Indonesia. Pastinya saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia yang sudah berusaha keras menyukseskan kegiatan MTQM Nasional FKIP se-Indonesia ini. Saya pun berterima kasih kepada semua piihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga bisa membawa nama UNJA di tingkat nasional,” ungkap Jumah.

Ia juga menambahkan harapannya atas kegiatan MTQM Nasional FKIP se-Indonesia Tahun 2022.

“Harapannya, semoga dengan adanya event semacam ini bisa selalu memotivasi para mahasiswa FKIP untuk menjadi lebih baik. Kami berharap ini bisa mengharumkan nama UNJA di tingkat nasional,” ungkap Jumah.

M Mubarak, Juara I Lomba Khatil Qur’an Dekorasi mengungkapkan perasaannya setelah berhasil meraih juara.

“Alhamdulillah beberapa hari yang lalu kita berhasil menjuarai MTQMN FKIP se-Indonesia yaitu juara 1 kaligrafi dekorasi, suatu pencapaian yang cukup membanggakan bagi diri saya pribadi dimana bisa meraih prestasi di ajang MTQ tersebut, tentu saja jangan gampang puas, insyaAllah kita akan terus meningkatkan potensi kita dan akan terus belajar agar bisa mencapai suatu yang lebih dari ini, dan siap berkorban segala sesuatu untuk mewujudkan level yang lebih dari pada ini. InsyaAllah saya dan beberapa teman-teman mahasiswa UNJA pada akhir bulan September ini akan mengikuti Gebyar Brawijaya Quran di Univ Brawijaya Malang utusan dari UNJA, mohon doanya semoga bisa tampil secara maksimal dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” ungkap Mubarak.

Aldo Pratama yang meraih juara I Lomba Hifzil Qur’an 10 Juz Putra turut menyampaikan perasaannya terkait raihan juara yang ia raih.

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022