Gubernur Jambi Al Haris pada Rapat Kerja Daerah Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jambi  menyampaikan apresiasi terhadap produk lokal yang telah masuk dalam katalog elektronik  atau e-katalog guna  Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

"Kita berharap Dekranasda Provinsi Jambi ini dapat menemukan banyak pengrajin yang punya potensi di semua daerah sehingga kelasnya tidak lagi kelas lokal tapi kualitasnya sudah nasional," kata Al Haris,  Senin.

Masuknya beberapa produk Jambi dalam e-katalog memberikan peluang promosi kepada seluruh masyarakat  untuk keperluan belanja barang dan jasa pemerintah melalui online.

Produk lokal sudah didaftarkan di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang dapat dibelanjakan bahkan dilelang dan di Jambi sendiri cukup banyak produk yang sudah siap, kata Gubernur Jambi.

Rakerda Dekranasda dilaksanakan setiap tahun dan Kali ini dengan mengusung tema 'Sinergitas Program Kegiatan Dekranas, Dekranasda Provinsi dan Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi dapat mensinkronkan program di semua tingkatan untuk penawaran satu produk lokal.

Sementara itu Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hesnidar Haris mengatakan Dekranasda ingin terus berperan aktif memperjuangkan eksistensi kerajinan daerah yang berlokasi menyebar di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi dan sejalan dengan salah satu sasaran Pembangunan Daerah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 yaitu meningkatkan industri pengolahan.

Lebih lanjut, istri Gubernur Jambi Al Haris, Hesnidar mengatakan salah satu upaya yang dapat dilakukan Dekranasda adalah menempatkan kerajinan sebagai peningkatan nilai tambah dalam pengolahan komoditi unggulan di Provinsi Jambi dan menjadi sangat strategis dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di Provinsi Jambi.

Secara bersamaan Rakerda tersebut dilaksanakan secara offline dan virtual yang diikuti pengurus Dekranas, Dekranasda Kota dan Kabupaten dan Provinsi Jambi khususnya dalam rangka meningkatkan kemajuan kerajinan di daerah masing-masing untuk bisa dikenal di tingkat nasional.





 

Pewarta: Nanang Mairiadi dan Melli Andani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022