Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo, Provinsi Jambi melakukan sidak ke empat gudang sembako di daerah itu guna memastikan ketersediaan stok sembako terutama beras, cukup.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bungo Syaiful Azhar di Jambi, Selasa, mengatakan dari hasil pantauan keempat gudang sembako di Muaro Bungo didapatkan bahwa stok sembako untuk daerah tersebut aman.

"Ternyata stok sembako aman, seperti beras mereka menyediakan untuk dua bulan ke depan karena memang stok yang tersedia banyak,” kata dia.

Ia menambahkan, untuk minyak goreng curah nantinya masyarakat dipersilahkan membeli ke gudang karena stok minyak goreng mencukupi.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Bungo Sofyan Ma’as menjelaskan bersama rombongan melakukan sidak dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

Sidak ke beberapa distributor sembako di Bungo ini juga untuk memastikan tidak ada penimbunan bahan pangan serta memastikan kestabilan harga jelang Ramadhan.

"Untuk semua stok bahan sembilan bahan pokok yang dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Bungo cukup ketersediannya," katanya.

Ia menyebutkan stok beras Bulog di Bungo mencapai 800 ton. Jumlah ini juga akan bertambah sesuai kebutuhan masyarakat.

Kemudian stok minyak goreng, bawang merah, bawang putih, gula ,tepung, dan lainnya diperkirakan cukup untuk persediaan sudah cukup untuk menghadapi bulan suci Ramadhan ini.

Pemkab Bungo juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bungo agar tidak panic buying.

Selain itu masyarakat diminta tidak menumpuk bahan pangan di rumah, membeli sesuai kebutuhan agar ketersediaan stok dan harga stabil.

Dinas Ketahanan Pangan Bungo juga siap melakukan Operasi Pasar di beberapa titik termasuk di pasar tradisional yang ada di kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Bungo.

"Untuk minyak curah ini biasanya dibatasi namun sekarang sudah bisa bebas, selain itu untuk gula serta susu cukup sesuai dengan pantauan kami di gudang-gudang yang kami sidak,” kata dia.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023