Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi mulai melayani penukaran uang pecahan kecil selama Ramadhan menggunakan mobil kas keliling.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi Hermanto di Jambi, Rabu, mengatakan selain di masing-masing kantor perbankan, BI Jambi juga juga bekerjasama dengan 8 bank umum untuk memberikan layanan penukaran kas keliling bersama di beberapa titik lokasi di Kota Jambi.

"Mulai hari ini dimulai penukaran uang melalui mobil kas keliling dibeberapa lokasi," katanya.

Pada 5 dan 6 April 2023 di Taman Angso Duo, Kota Jambi. Selanjutnya, pada 10 dan 11 April 2023 di Tugu Keris Siginjai, 12 dan 13 April 2023 di Lapangan Kantor Gubernur Jambi dan pada 17 dan 18 April 2023 di Jamtos Mall.

Untuk mendapatkan layanan ini, masyarakat bisa melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu melalui https.//pintar.bi.go.id.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan layanan penukaran uang melalui mobil kas keliling di kawasan Taman Angso Duo, Kota Jambi langsung diserbu warga Rabu siang.

Warga terlihat antusias untuk menukarkan uang pecahan baru yang nantinya akan digunakan pada saat lebaran Idul Fitri.

Meskipun cukup padat, warga terlihat antri dengan rapi untuk menukarkan uang mereka ke pecahan baru. Terlihat juga petugas bersenjata lengkap melakukan pengamanan.

Sebelumnya, Bank Indonesia Jambi telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp3,05 triliun

Jumlah ini naik sebesar 38,63 persen dari realisasi periode yang sama tahun 2022 sebesar Rp2,2 triliun," ujarnya.

Adapun komposisi uang tunai yang disiapkan Bank Indonesia Jambi adalah Rp2,9 triliun uang pecahan besar dan Rp150 miliar uang pecahan kecil.

Selain melalui kas keliling, titik penukaran uang di Jambi juga meliputi 32 titik penukaran loket bank umum di Kota Jambi dan 25 titik penukaran di loket bank peserta Kas Titipan di Muaro Bungo dan Kuala Tungkal.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023