Pemerintah provinsi Jambi minta kepada perusahaan perkebunan agar segera mengecek peralatan sarana dan prasarana masing-masing untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya, mengingat akan memasuki musim kemarau pada tahun ini.

"Dalam rangka mengantisipasi terjadinya Karhutla tahun ini, Pemerintah Provinsi Jambi minta pihak perusahaan untuk dapat mengecek peralatan dan seluruh sarana prasarananya agar bisa digunakan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan di daerahnya masing-masing," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Sudirman, Senin.

Pemprov Jambi telah berkirim surat ke perusahaan agar nanti mereka menindaklanjuti pengecekan bantuan peralatan yang diberikan lewat dari TNI dan pemerintah terkait alat-alat mengantisipasi karhutla dan dalam rentang waktu yang cukup panjang biasanya alat-alat itu kurang terpelihara maka harus di cek kembali.

"Kalau laporan yang kami terima memang ada alat-alat yang tidak berfungsi maka kami mengimbau untuk segera dilakukan perbaikan sehingga pada saat terjadinya karhutla alat-alat sudah siap," kata Sudirman.

Sekda juga mengatakan untuk rincian alat perusahaan yang tidak berfungsi belum bisa dipastikan di perusahaan mana, tetapi secara umum ada beberapa perusahaan yang harus memperbaiki alat-alat untuk persiapan karhutla nya dan kita tidak berharap peristiwa pada 2015 dan 2019 terjadi kembali di tahun ini dan kebetulan siklus nya sudah empat tahun maka perlu di waspada 2023.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023