Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo, Provinsi Jambi, mendorong sektor pertanian menjadi unggulan sehingga pendapatan daerah tak hanya bertumpu pada minyak dan gas (migas).

Bupati Bungo Mashuri di Jambi, Selasa, mengatakan Kabupaten Bungo bertekad untuk berubah dari selama ini hanya mengandalkan sektor migas ke sektor pertanian. 

"Kami akan fokus membesarkan sektor pertanian supaya benar-benar menjadi andalan Kabupaten Bungo," kata dia.

Pemkab Bungo menyadari bahwa migas merupakan sumber energi yang tak dapat diperbarui sehingga suatu saat nanti dipastikan akan habis.

Untuk itu, ia meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengoptimalkan setiap kegiatan dan program yang berkaitan dengan sektor pertanian.

Ia menyebutkan seperti pameran pertanian yang dilakukan secara nasional maupun internasional dan 
inovasi serta pemanfaatan teknologi terbaru.

Sementara itu, Pemkab Bungo rutin memberikan bantuan alat pertanian untuk desa rawan pangan dan minim pemanfaatan lahan.

Beberapa waktu lalu, Dinas Tanaman Pangan  Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo menyerahkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) di Dusun Karak dan Dusun Timbolasi di Kecamatan Batin III Ulu.

Selain itu langkah lain yang sudah dilakukan Pemkab Bungo untuk menjadikan pertanian sebagai andalan yakni menjalankan program penanaman padi sawah Biofortifikasi varietas Inpari nutrizink.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023