Pemerintah Kota Jambi, Provinsi Jambi, menyerahkan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2024 kepada kepala perangkat daerah setempat, Rabu, guna mempercepat penyusunan APBD 2024.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Rabu, mengatakan langkah itu terbilang cepat, karena tidak semua daerah berinisiatif untuk mempercepat proses penganggaran di tengah masa transisi peralihan kepemimpinan kepala daerah.

"Untuk tahun 2024, tema pembangunan Kota Jambi adalah 'Penguatan Stabilitas Ekonomi, Daya Saing Sumber Daya Manusia dan Daerah, Infrastruktur yang Andal, serta Lingkungan Hidup Berkelanjutan'," katanya.

Menurut dia, PPAS menjadi acuan OPD untuk mengusulkan rencana kerja anggaran secara terarah dan terukur.

Fasha mengatakan Pemkot Jambi masih terus melanjutkan program-program prioritas daerah yang terkait dengan peningkatan akses, sarana dan prasarana serta juga kualitas pendidikan yang lebih baik.

Beberapa program unggulan Kota Jambi diteruskan pada 2024 seperti program Kota Jambi Sehat, penurunan stunting, dan peningkatan layanan kesehatan di instalasi kesehatan milik pemerintah seperti RSUD, puskesmas, dan laboratorium kesehatan.

Pemkot melanjutkan peningkatan kualitas infrastruktur dan utilitas perkotaan serta penguatan lingkungan hidup yang berkelanjutan dengan fokus pada peningkatan kualitas jalan kota, penanganan genangan, pengurangan sampah, dan pengelolaan limbah.

Termasuk, agenda melanjutkan pembangunan dan peningkatan kualitas bangunan gedung-gedung pemerintah yang sudah direncanakan dan dilaksanakan.

Di bidang perekonomian, Fasha mengingatkan jajarannya untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi yang telah dilakukan untuk terus ditingkatkan dalam rangka meraih peluang dan kesempatan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Jambi.

Pemkot Jambi, kata dia, memiliki informasi yang cukup serta agenda antisipatif yang terukur dalam menyikapi tantangan pertumbuhan ekonomi seperti inflasi, daya beli masyarakat, penanaman modal daerah, lapangan pekerjaan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, UMKM, ekonomi kreatif dan kepariwisataan, insentif dan disinsentif, serta perizinan.

Selain itu, Pemkot Jambi memperkuat Kota Jambi Smart City melalui implementasi one agency one innovation, pengembangan transportasi perkotaan yang kompak dan integratif, adaptasi transformasi digital dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik, termasuk pengembangan energi baru terbarukan guna mendukung pembangunan hijau berkelanjutan.

Pada 2024, kata Fasha, juga dianggarkan kenaikan tambahan honorarium bagi ketua RT, ketua LPM, babinsa dan bhabinkamtibmas.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023