Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi menjadi tuan rumah pergelaran Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) ketiga Perguruan Tinggi  Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera dan Asia Tenggara tahun 2023.
 
"Penyelenggaraan PKM III yang diselenggarakan di UIN Jambi kali ini karena ini merupakan kegiatan paling istimewa dengan hadirnya peserta dari perguruan tinggi islam Asia Tenggara. Sehingga gelaran kompetisi ini tidak hanya berskala regional tetapi telah merambah skala internasional," kata Kepala Sub Bidang Kemahasiswaan dan Sarpras Kementerian Agama RI Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan di Jambi saat membuka secara resmi PKM ke-III, Senin.

PKM  bertemakan "kembangkan talenta mahasiswa, junjung sportivitas dan rekognisi” merupakan kompetisi mahasiswa wilayah Sumatera dan PTI Asia Tenggara dalam bidang ilmiah, seni dan olahraga.
 
Melalui penyelenggaraan PKM III  selain menjadi ajang untuk mempersiapkan atlet untuk menghadapi even nasional juga diharapkan dapat menjadi wadah pembinaan prestasi, karakter, mental spritual dan akhlak diantara para peserta serta mengokohkan persaudaraan kebangsaan dan ke Indonesiaan menuju Indonesia unggul 2045.
 
Zulpan juga mengapresiasi atas kerja keras panitia sehingga perhelatan ini dapat terselenggara. 
 
Sementara itu, Rektor UIN STS Jambi Prof Suaidi mengatakan keterlibatan PTI se-Asia Tenggara pada ajang kompetisi PKM III kali ini merupakan inisiatif dari dirinya untuk mengembangkan tidak hanya menjadi kompetisi regional tetapi menjadi kompetisi internasional. . 
 
Ketua Panitia PKM III Bahrul Ulum mengatakan peserta pada PKM III diikuti 22 PTKIN se-Sumatera dan 9 Perguruan Tinggi Islam di Asia Tenggara yaitu Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja Singapura, dan Brunei Darussalam.
 
Ajang lomba PKM III ini digelar 20 Mei – 29 Juli 2023 secara hybrid baik daring dan luring dengan mempertandingkan 33 cabang lomba yang terdiri dari 10 cabang lomba bidang ilmiah, 11 cabang lomba bidang seni dan 12 cabang lomba bidang olahraga dengan diikuti 1530 peserta.
 
 Pelaksanaan babak penyisihan pada cabang lomba ilmiah dan seni yang sudah dimulai sejak babak penyisihan pada 20-23 Mei 2023 secara  virtual melalui zoom dalam bentuk pengiriman video dan pengiriman naskah.
 
 Sedangkan perlombaan lainnya akan dilaksanakan mulai 26-29 Juli 2023 di lima venue yang berbeda. Adapun lima venue yang digunakan selama penyelenggaraan PKM III yaitu Kampus I dan Kampus II UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, GOR Kotabaru Jambi, Natasha Badminton Hall Simpang Rimbo dan Danau Sipin Kota Jambi.
 
Pembukaan PKM III ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi sekaligus Ketua Alumni UIN SUlthan Thaha Saifuddin Jambi Abdullah Sani,Ketua Forum Rektor PTKIN se-Sumatera Prof Nyanyu Khodijah, para Rektor dan Ketua PTKIN se-Sumatera, dan Kepala Biro PTKIN se-Sumatera, perwakilan PTI se-Asia Tenggara yang hadir secara virtual, jajaran Forkopimda Provinsi Jambi.
 
 
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023