Kepolisian Daerah (Polda) Jambi mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dengan melakukan gotong royong  pembersihan aliran sungai yang berada di Parit Dua, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat dalam rangka menyambut HUT ke-78 RI.

Kegiatan pembersihan sungai ini dipimpin langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Selasa, didampingi oleh Pejabat Utama (PJU) Polda Jambi dengan mengajak serta TNI, Basarnas, Dinas Lingkungan Hidup dan masyarakat Kuala Tungkal.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jambi turun langsung ke aliran sungai untuk mengambil sampah-sampah yang menggenang dan menghambat aliran sungai.

"Saat ini kita sedang dihadapkan dengan permasalahan lingkungan, kami melihat salah satu permasalahan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah masalah aliran sungai sudah dipenuhi dengan sampah. Kami Polri, TNI dan masyarakat menginisiasi untuk melakukan pembersihan terhadap aliran sungai ini," kata Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono.

Rusdi berharap kegiatan bersama ini dapat menggerakkan masyarakat agar dapat peduli dan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama di aliran sungai sehingga dengan begitu fungsi sungai bisa berjalan dengan baik.

Setelah dilakukan pembersihan di aliran sungai tersebut, terlihat sungai sudah bisa mengalir dengan baik.

Kapolda menegaskan ke depannya masalah lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. Ia juga berharap seluruh pihak dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke aliran sungai untuk mencegah banjir.

Sementara itu, salah seorang warga yang ikut kegiatan pembersihan aliran sungai di Kuala Tungkal, Nurhelmi berharap pembersihan sungai ini bisa membuat sungai Parit Dua itu bersih dan tidak ada sampah lagi. Kondisi ini bisa tetap bersih, kata dia, jika semua pihak peduli lingkungan termasuk masyarakat.

"Kami berharap agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan karena sudah disediakan tempatnya," katanya

Ia menegaskan sungai yang menghubungkan antara Sungai Kuala Betara dan Sungai Pengabuan ini bisa kembali bersih jika masyarakat turut menjaga kebersihan sungai dari sampah.

Baca juga: Polda Jambi musnahkan barang bukti narkotika senilai Rp347 miliar

Baca juga: Polda Jambi dengar aspirasi karyawan Pertamina

Baca juga: Polda Jambi sosialisasi pendamping UMKM dukung pertumbuhan ekonomi


 

Pewarta: Tuyani

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023