Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly pada upacara Hari Kemenkumham ke-78 tahun 2023 yang berlangsung di kantor wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jambi di Kota Baru, Kota Jambi, Senin.

Dalam amanatnya, Sekda yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan makna dari tema "Kementerian Hukum dan HAM Semakin Berkualitas untuk Indonesia Maju" yang merefleksikan semangat segenap insan pengayoman di seluruh Indonesia dalam memberikan pengabdian terbaik dari waktu ke waktu.

Pada kesempatan itu, Menteri Kemenkumham juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran pemerintah daerah, instansi vertikal, mitra kerja, dan segenap aparatur sipil negara atas kehadiran, kerja sama, dan penghargaan yang diberikan.

Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi menggelar upacara bendera dalam rangka Hari Lahir Kemenkumham Ke-78 Tahun 2023. Helat yang biasanya dilaksanakan setiap tahun pada 19 Agustus, kali ini upacara digelar pada Senin (21/8) di lapangan Kantor Wilayah.

Tampak Kepala Kantor Wilayah Tholib beserta para Pimti Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi, Kepala UPT Kota Jambi, Pejabat Administrasi, Dharma Wanita Persatuan, Pejabat Fungsional Tertentu, serta Forkopimda Provinsi Jambi, PPNPN dan mahasiswa magang mengikuti upacara yang dipimpin oleh Kepala Rupbasan Jambi, Askari Utomo.

Tercatat dalam kurun waktu setahun ke belakang, Kementerian Hukum dan HAM telah berhasil meraih peringkat pertama implementasi norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) dan kinerja terbaik dalam pengelolaan anggaran, mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 14 kali.

Selain itu, terdapat penghargaan dari Kementerian PAN-RB atas Sinergitas Pengadaan Calon ASN dan Tata Kelola Sekolah Kedinasan yang informatif untuk pertama kalinya, raihan penghargaan sebagai badan publik yang informatif, dan penghargaan penerapan layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atas 26 layanan publik yang dimiliki.

Untuk mempertahankan semua penghargaan tersebut, Sekda mengimbau agar jangan ada lagi penyalahgunaan tugas dan wewenang serta tidak ada perilaku pegawai yang melanggar disiplin kode etik dan melanggar hukum.

Ia mengharapkan insan pengayoman harus meningkatkan kemampuan dan kompetensi masing-masing individu dan mempublikasikan serta glorifikasi berbagai capaian dan prestasi instansi guna meraih kepercayaan masyarakat.

Mengakhiri amanat, Sekda menyampaikan pesan untuk persiapan transisi dari pandemi menuju endemi, menyelesaikan tahun anggaran 2023 dengan baik, kelola keuangan secara tertib, efisien, efektif dan bertanggung jawab, serta mempersiapkan lebih baik lagi rencana kerja tahun 2024,

Selanjutnya, tetap cermat dalam bekerja, melakukan pengawasan pengendalian di jajarannya, saling mengingatkan untuk selalu taat dan patuh pada peraturan perundang-undangan, dan menjaga netralitas aparatur untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya saat memasuki tahun politik di tahun 2024.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Jambi gelar bakti sosial bantu cegah stunting

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Jambi dukung keterbukaan informasi publik

Baca juga: Pemprov Jambi apresiasi penguatan WBK-WBBM di Kanwil Kemenkumham





 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Satyagraha


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023