Hujan deras yang mengguyur sejumlah kecamatan di Kabupaten Tanjab Timur Jambi membuat kabut asap di daerah tersebut menipis dan hilang karena selama ini menyelimuti sebagian besar wilayah di kabupaten itu.

Hasil pantauan di lapangan pada beberapa kecamatan yang terdampak kabut asap seperti Kecamatan Dendang,Geragai, Mendahara Ulu dan Sabak Barat kini mulai cerah tidak tercium bau asap.

Rusmiati ibu rumah tangga di Desa Kota Baru Kecamatan Geragai mengakui setelah hujan deras yang baru mengguyur cuaca langsung cerah dan tidak tercium aroma bau asap dimana biasanya setiap pagi tercium asap sehingga anak sekolah masih tidak liburkan beberapa hari lalu.

Ditambahkan ibu rumah tangga itu, kabut asap tidak terlalu parah biasanya jika ada angin kabut asapnya hilang dan dirinya berharap musim kemarau dan musibah kabut asap yang terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Jambi segera berlalu.

"Mudah mudahan hujan sering turun, biar Jambi tidak berkabut lagi, kasihan masyarakat," kata Rusmiati.

Sementara itu menurut keterangan Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rispa Susanti mengatakan kualitas udara dalam kategori sedang dengan poin 64 yang artinya tingkat kualitas udara masih dapat di terima pada kesehatan manusia hewan dan tumbuhan.
",kata Rispa Susanti.

Beberapa hari terakhir cuaca berangsur membaik, semoga saja terus membaik di tengah musim kemarau tahun ini akan berakhir dan semoga hujan terus biar cuaca baik.



 

Pewarta: Agus Suprayitno

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023