Setelah sempat buronan hampir setahun tiga orang pelaku begal sepeda motor di Kota Jambi satu diantaranya seorang wanita akhirnya ditangkap tim Reskrim Polisi Sektor (Polsek) Telanaipura, Kota Jambi.

"Kami setelah mendapatkan informasi keberadaan pelaku akhirnya berhasil menangkap ketiga pelaku yang sudah menjadi buronan dalam waktu hampir satu tahun," kata Kapolsek Telanaipura AKP S Harefa di Jambi, Rabu.

Polisi awalnya menerima laporan begal sepeda motor yang terjadi pada 22 Desember 2022 di Pinggir Jalan Depati Parbo RT 11, Kelurahan Buluran, Kecamatan Telanaipura Kota Jambi dan berdasarkan hasil keterangan pelapor atau korban Khanedi Putra (30), dia menjelaskan kejadian itu terjadi saat hendak keluar rumah membeli rokok bersama temannya dengan menggunakan sepeda motor miliknya.

Kemudian dia berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) sepeda motor miliknya dihadang oleh para pelaku yang menggunakan enam sepeda motor dari arah berlawanan sambil mengeluarkan sebilah benda tajam dan mengarahkannya kepada korban dan ketika hendak menyelamatkan diri dari aksi pelaku, korban dan temannya berlari meninggalkan sepeda motor miliknya.

"Namun teman korban terjatuh dan mengalami luka di bagian kaki sebelah kanan namun berhasil menyelamatkan diri dan sepeda motor korban berhasil diambil para pelaku," kata Harefa.

Setelah mendapat laporan dan informasi di lapangan bahwa para pelaku berada di sebuah hotel, tim Polsek Telanaipura langsung bergegas ke lokasi dan berhasil menangkap mereka di hotel itu dan ketiga pelaku dibawa ke Polresta Jambi untuk dilakukan interogasi dan pengembangan olah TKP mendapati aksi begal itu pernah dilakukan di tiga tempat yang berbeda.

Berdasarkan hasil pemeriksaan ketiga pelaku dimana satu diantaranya seorang wanita itu dan hasil olah TKP aksi begal mereka diketahui aksi pertama pelaku di daerah Jambi Luar Kota dan polisi mendapatkan pengakuan pelaku ada satu unit sepeda motor honda beat warna merah hingga saat ini masih dalam pencarian barang.

Aksi kedua para pelaku mereka lakukan di daerah Kota Baru depan RS Abdul Manap yang mana mereka berhasil membegal satu unit sepeda motor metik jenis honda vario warna putih hijau yang saat ini juga masih dalam pencarian barang karena telah mereka jual ke penadah dan aksi ketiga di daerah Mendalo juga hasil menjarah satu unit sepeda motor honda beat yang saat ini sudah disidik oleh Polsek Jaluko.

"Adapun ketiga pelaku yang berhasil kami tangkap dan saat ini sedang diamankan di polisi yakni pelaku berinisial SH (16), ES (16) dan RD (17) bersama barang bukti berupa satu unit sepeda motor metik Yamaha Mio dan satu bilah senjata tajam parang yang digunakan untuk melakukan aksi begalnya," kata Harefa.
 

Pewarta: Thaliqah dan Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023