Wakapolda Jambi Brigadir Jendral Polisi Edi Mardianto mengecek personel pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Rabu.

"Personel yang akan melaksanakan pemilu 2024 agar tetap menjaga kesehatan dan menjunjung tinggi netralitas serta mampu memahami dan mengerti apa peran dan tugasnya saat pengamanan pesta demokrasi 2024," kata Wakapolda Jambi di Jambi.

Setelah memberikan arahan, Wakapolda Jambi, langsung melakukan pengecekan personel yang akan melaksanakan pengamanan TPS dan Kompi Kerangka dalam rangka operasi Mantap Brata 2024. 

Adapun jumlah personel pengamanan TPS di wilayah tersebut sebanyak 406 orang yang semuanya hadir dalam kegiatan tersebut.

Wakapolda menegaskan bahwa pengecekan ini guna melihat langsung kesialan personel Polres Tanjab Timur dan jajaran agar siap sedia baik fisik maupun mental dalam menghadapi pengamanan pemilu, terutama sebelum 14 Februari 2024.

Dia juga meminta personel memastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarana dan prasarana, serta fasilitas penunjang lainnya, sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi.

Selain itu, personel juga diminta melaksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan boddy system guna menjamin keselamatan personel.

Edy meminta pimpinan di setiap tingkatkan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing. Lakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima mengingat tahapan pencoblosan semakin dekat.

Ia meminta personel mengedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system, agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 dan terhindar dari polarisasi.

"Tingkatkan sinergisitas dan solidaritas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi," kata dia.

Terkait dengan kesiapan pemilu di Kabupaten Tanjung Jabung Timur terdiri dari 713 TPS, termasuk dua TPS khusus yang ada di LP narkotika. 

Dalam pengamanan di Tanjab Timur, Polda Jambi juga menurunkan 66 personel dan 33 personel dari Brimob. 
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024