Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mengembangkan bisnis dan layanan transportasi online dengan menghadirkan Koperasi Ojek (Kojek) dan Travelkoja sebagai aplikasi pemesanan tiket guna menggerakkan potensi ekonomi lokal.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi Saleh Ridho di Jambi, Senin, mengatakan Kojek merupakan akronim dari Koperasi Online Jambi Ekonomi Kreatif, menyediakan layanan ojek berbasis aplikasi atau yang jamak disebut masyarakat sebagai ojek online (ojol) sedangkan Travelkoja adalah aplikasi pemesanan tiket perjalanan maupun hotel dan paket wisata.

Kojek merupakan inovasi yang digagas oleh Koperasi Pegawai Negeri (KPN) dan Koperasi Pegawai Kota Jambi (KPKJ).

"Saat ini terdapat 300 pengemudi, termasuk pengendara roda dua dan roda empat, untuk bergabung dalam layanan ini," kata Saleh yang juga Koordinator Unit Bisnis KPN-KPKJ.

Pengembangan unit bisnis ini menjawab kebutuhan masyarakat akan pengemudi dan sarana ojek online yang mudah dan menguntungkan baik bagi pengguna maupun pengemudi.

Selain layanan transportasi online, Pemkot Jambi juga membuat inovasi Travelkoja yang memungkinkan masyarakat memesan tiket perjalanan secara online. Tiket tersebut mencakup berbagai moda transportasi meliputi pesawat dan lainnya.

Pemkot Jambi juga menggandeng UMKM untuk bermitra pada aplikasi ini. Tersedia layanan pemesanan berbagai produk UMKM.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih menyambut baik inovasi ini sebagai set Kota Jambi yang dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Sri menekankan agar manajemen meningkatkan layanan aplikasi tersebut sehingga dapat berkembang dan berkontribusi untuk perekonomian Kota Jambi.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024