Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok menjelang Ramadhan.

"Pemerintah daerah harus mengidentifikasi penyebab kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok yang terjadi di tengah masyarakat dan di sisi lain upaya pengendalian juga harus dilakukan sehingga tidak terjadi lonjakan harga yang signifikan," kata dia, Sabtu.

DPRD meminta pemerintah daerah segera bertindak karena hampir semua kebutuhan pokok mengalami kenaikan, seperti beras dan cabai.

Selain itu DPRD juga meminta pasokan ke pasar tradisional dipastikan lancar karena kelangkaan akan berimbas pada kenaikan harga.

Tak hanya itu pendistribusian semua bahan pokok juga harus dipastikan tidak terkendala atau lancar.

Di sisi lain, Edi Purwanto juga meminta Pemprov Jambi juga memetakan daerah yang bisa menjadi sentra produksi kebutuhan pokok demi terjaganya kebutuhan pokok.

"Jadi pasokan kita tetap terkendali sesuai dengan harapan harga terkendali, karena kita tidak bergantung lagi dengan pasokan dari luar," kata dia..

Saat ini, untuk harga cabai merah di pasar tradisional dijual dengan harga berkisar Rp70 ribu hingga Rp80 ribu per kilogram. Kondisi ini sudah terjadi selama dua pekan karena beberapa wilayah Jambi mengalami banjir.





 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024