Dalam rangka menyambut Tahun 2024 sebagai Tahun Indikasi Geografis (IG)  Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jambi  menggelar acara "Promosi dan Diseminasi Indikasi Geografis Tahun 2024".

Kegiatan yang mengusung tema "Pemanfaatan Indikasi Geografis dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Daerah" dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Provinsi Jambi, M. Adnan, di BW Luxury Hotel Jambi, Selasa.

Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan HAM, Ermasdon. dalam  laporannya menyampaikan bahwa kegiatan kali ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait Perlindungan Indikasi Geografis kepada seluruh komponen masyarakat dan instansi pemerintah di wilayah Provinsi Jambi. Kegiatan ini dihadiri oleh Pimti Pratama pada Kanwil Kemenkumham Jambi serta diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari unsur Dinas/Instansi terkait di wilayah Provinsi Jambi dan Kelompok Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) di daerah.

Kepala Kantor Wilayah, M. Adnan. dalam sambutannya menyampaikan pentingnya sinergitas dan kolaborasi aktif dari berbagai pemangku kepentingan, baik di pusat maupun di daerah, dalam mewujudkan perlindungan Indikasi Geografis sebagai produk unggulan daerah yang berbasis kekayaan intelektual.

M. Adnan menekankan bahwa kerjasama ini sangat penting terkait pemeliharaan kualitas pasca terdaftarnya suatu produk indikasi geografis. Selain itu, beliau juga menggarisbawahi peran strategis masyarakat dan instansi pemerintah dalam menjaga dan mengembangkan potensi Indikasi Geografis di Provinsi Jambi.

"Promosi dan Diseminasi Indikasi Geografis 2024 diharapkan mampu menjadi momentum penting dalam memperkuat pemahaman dan kesadaran masyarakat serta instansi terkait akan pentingnya perlindungan dan pemanfaatan Indikasi Geografis dalam mendukung perekonomian daerah. Dengan sinergi yang kuat antara berbagai pihak, diharapkan potensi Indikasi Geografis di Provinsi Jambi dapat lebih optimal dan memberikan manfaat yang nyata bagi kemajuan ekonomi daerah” ujar Adnan .

Kegiatan ini juga diisi dengan penyampaian materi oleh Narasumber dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Irma Mariana (Ketua Pokja Lauanan Indikasi Geografis).
 
Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jambi  menggelar acara "Promosi dan Diseminasi Indikasi Geografis Tahun 2024". (ANTARA/HO)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024