Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mengembangkan kampung wisata sebagai upaya menciptakan destinasi baru guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah setempat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jambi Mariani Yanti di Jambi, Jumat, mengatakan di Kota Jambi terdapat destinasi wisata Kampung Madu CLB dan Kampung Anggur.

Dua kampung wisata ini siap dikembangkan pemerintah setempat sebagai objek kunjungan bagi wisatawan yang datang ke Kota Jambi.

"Tujuannya biat pilihan wisata jadi beragam, Kota Jambi memang tidak banyak objek wisatanya terutama yang alam seperti gunung atau laut memang tidak ada," kata dia.

Kota Jambi, kata dia, tidak memiliki banyak tempat wisata. Untuk itu, diperlukan program kreatif dalam rangka menciptakan destinasi wisata meningkatkan masyarakat berkunjung.

Upaya lain yang dilakukan Pemkot Jambi adalah membuat konektivitas antara objek wisata satu dan lainnya.

Dinas Pariwisata menyiapkan skema paket wisata ke beberapa tempat, seperti Hutan Kota, Taman Anggrek, hingga Kampung Madu CLB.

Skema ini dipersiapkan mengingat Kota Jambi hanya memiliki destinasi wisata alam Danau Sipin.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengatakan salah satu pengembangan wisata edukasi yang bisa dilakukan Pemkot Jambi dengan menggandeng pengelolaan madu Cipta Lebah Berkah atau CLB di Kota Jambi.

Kampung CLB masuk menjadi agro wisata Kota Jambi, di sini wisatawan juga mendapatkan edukasi mengenai pengelolaan lebah Madu. Begitu pula dengan pengembangan Kampung Anggur, pemerintah siap berkolaborasi dengan pengembang.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024