Universitas Jambi (Unja) memotong 28 ekor hewan kurban pada momen Idul Adha yang dilaksanakan dalam tiga hari ke depan.
 
Korpus Dokumentasi dan Informasi Publik Unja Mochammad Farisi di Jambi, Senin, mengatakan pemotongan hewan kurban ini rutin dilakukan setiap tahunnya oleh sivitas akademika Unja.
 
Kegiatan pemotongan hewan kurban dilakukan selama tiga hari sampai 19 Juni 2024.
 
Pemotongan hewan kurban dilakukan di Masjid Jami' As-Salam Unja Mendalo, lima fakultas serta di rumah dinas rektor.
 
"Ada beberapa lokasi pemotongan hewan kurban," kata dia.
 
Pada hari pertama, pemotongan hewan kurban dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak tiga ekor sapi.
 
Selanjutnya dilakukan di Fakultas Peternakan (FAPET) sebanyak tujuh ekor sapi, serta Masjid Jami' As-Salam sebanyak dua ekor sapi dan empat ekor kambing.
 
Berikutnya pada 18 Juni 2024, pemotongan kurban dilanjutkan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sebanyak lima ekor sapi dan satu ekor kambing.
 
Di Fakultas Hukum (FH) sebanyak satu ekor sapi dan satu ekor kambing, rumah dinas rektor sebanyak tiga ekor sapi.
 
Pada 19 Juni 2024 pemotongan hewan dilaksanakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak satu ekor sapi.
 
Farisi menegaskan pemotongan hewan kurban ini merupakan bagian dari upaya Unja dalam mempererat kebersamaan dan kepedulian sosial di lingkungan kampus.
 
Daging kurban yang telah dipotong rencananya didistribusikan kepada para cleaning service, satuan pengamanan (satpam), dan mahasiswa yang tidak pulang kampung, sebagai bentuk rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama, serta ketaatan kepada perintah Allah.
 
Dengan adanya kegiatan pemotongan hewan kurban ini, Unja tidak hanya menunjukkan komitmen dalam menjalankan nilai-nilai keagamaan, tetapi juga memperkuat peran sosial di tengah masyarakat kampus.
 
"Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus berbuat kebaikan dan meningkatkan rasa kebersamaan," kata dia.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024