Universitas Jambi mencatat terdapat 10 program studi yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru pada Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat)  2024.

Berdasarkan data yang diperoleh dari https://pengelolaan.smmptnbarat.id/rekapitulasipendaftar mengenai ‘Rekapitulasi Pendaftar SMM PTN-Barat 2024 UNJA’, yang mencakup jumlah pendaftar dan daya tampung untuk setiap Prodi. Informasi ini memberikan gambaran jelas mengenai tingkat persaingan di berbagai Prodi, memungkinkan calon mahasiswa untuk memahami peluang mereka dalam proses seleksi.

Berikut adalah 10 Prodi dengan tingkat persaingan paling ketat berdasarkan jumlah pendaftar dan daya tampung:

Manajemen (FEB) dengan daya tampung 57 dan jumlah pendaftar 648. Informatika daya tampung 12 dan jumlah pendaftar 274.

 Selanjutnya   Teknik Pertambangan (FST) dengan daya tampung 18 orang dan jumlah pendaftar 527 orang. Farmasi (FKIK) daya tampung 22 orang dan jumlah pendaftar 461 orang. Sistem Informasi (FST) daya tampung 24 orang dan jumlah pendaftar 420 orang.

Berikurnya Teknik Sipil (FST) daya tampung 24 dan jumlah pendaftar 309,  Teknik Elektro (FST) dengan daya tampung sebanyak 12 orang jumlah pendaftar 125.

 Teknik Geologi (FST) daya tampung 18 dan jumlah pendaftar 193,  Bisnis Digital (FEB) daya tampung 18 dan jumlah pendaftar: 165 orang terkahir Ilmu Pemerintahan (FH) dengan daya tampung 36 dan jumlah pendaftar 306.

Dasar perhitungan ketatnya persaingan didasarkan pada perbandingan antara jumlah pendaftar dan daya tampung yang tersedia di setiap Prodi. Misalnya, pada Prodi Teknik Pertambangan, dengan daya tampung sebanyak 18 dan jumlah pendaftar mencapai 527, rasio persaingan menunjukkan bahwa setiap 1 daya tampung diperebutkan sekitar 29 orang peserta.

Para calon mahasiswa yang nantinya berhasil lolos SMM PTN-Barat 2024 diharapkan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengembangkan diri dan meraih prestasi. Bagi yang belum berhasil, jangan putus asa, masih banyak kesempatan lain untuk meraih pendidikan yang diinginkan.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024