Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Jambi rutin melaksanakan seminar tiap tahunnya yang mana tahun ini mengangkat tema tentang ‘Perubahan Iklim dan Keberlanjutan Ekosistem Hutan Mangrove’.

Pada seminar yang dilaksanakan Selasa, 25 Juni 2024 menghadirkan  narasumber dari BKSDA Jambi, yaitu Elisa Septiana dan dari BMKG Jambi Nurul Hidayah Yuliani.

Ketua Panitia Jenny Rumondang mengatakan bahwa seminar ini memberikan pemahaman kepada peserta tentang dampak perubahan iklim yang terjadi terhadap perubahan ekosistem mangrove, dimana mangrove sendiri menjadi ekosistem terdepan dalam menjaga garis pantai dari abrasi air laut.

“Ekosistem mangrove sendiri juga bermanfaat ekonomi masyarakat sekitar mangrove melalui HHBK yang dihasilkan dari hutan mangrove. Oleh karena itu perlu perhatian lebih dan aksi nyata dalam menyelamatkan dan melestarikan mangrove ke depannya,” kata Jenny.

Dekan FAPERTA Unja Bambang Irawan menegaskan bahwa seminar ini menjadi wadah bagi parah pihak dan skateholder terkait dengan civitas akademika Unja dalam sharing dan diskusi mengenai isu kehutanan dan bersama mencari solusi untuk mewujudkan hutan lestari.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024