Dinas Kesehatan Kota Jambi menyasar 80.297 anak di daerah setempat mendapatkan imunisasi polio yang tersebar di 11 kecamatan.  

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi Ida Yuliati di Jambi, Rabu, mengatakan anak-anak di Kota Jambi ditargetkan mendapatkan vaksin polio tepat waktu sesuai dengan jadwal Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Ia menjelaskan bahwa pekan imunisasi polio dilaksanakan pada dua periode yaitu 23 Juli sampai dengan 29 Juli 2024 dan periode 6 Agustus sampai dengan 12 Agustus 2024.

Pekan Imunisasi ini dimaksudkan untuk memutus rantau penularan virus polio. Selain itu dengan imunisasi ini meningkatkan kekebalan tubuh.  

"Anak-anak harus mendapatkan vaksin polio ini," kata dia.

Dinkes Kota Jambi memastikan pelaksanaan imunisasi polio dapat dilakukan secara optimal. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan puskesmas setempat. Dia berharap cakupan imunisasi dalam setiap putarannya dapat mencapai 95 persen.

Sasaran imunisasi polio menyasar anak-anak usia nol tahun sampai dengan tujuh tahun. Tiap anak mendapatkan dua kali pemberian vaksin polio oral tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Dia memastikan setiap puskesmas di Kota Jambi bertanggungjawab dengan cakupan wilayahnya serta memastikan seluruh anak mendapatkan imunisasi tepat waktu.

Selain peran pemerintah, dia berharap masyarakat ikut serta menyukseskan pelaksanaan imunisasi polio ini.

Kepada orangtua agar membawa anak-anak ke puskesmas untuk mendapatkan vaksin polio guna menjadikan Kota Jambi bebas polio.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024