Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi meminta keterlibatan pengusaha dalam program penghijauan sebagai upaya pelestarian ekosistem lingkungan.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Rabu, mengatakan Pemkot Jambi mendorong seluruh pihak secara bersama-sama memperbanyak penanaman pohon agar mengatasi perubahan iklim, menjaga siklus air, dan menjaga keanekaragaman hayati lainnya.

Perubahan iklim saat ini menjadi tantangan. Selain itu peningkatan gas rumah kaca di atmosfer juga semakin mengkhawatirkan.

Oleh karena itu, ia mengatakan penanaman pohon adalah salah satu bagian terpenting yang mempengaruhi terhadap kualitas lahan sebagai penghasil oksigen dan perbaikan kerusakan alam.

Selain itu, program penanaman pohon memegang peranan yang penting terutama untuk menjaga ketersediaan sumber daya air di Kota Jambi.

"Dengan lahan yang tidak begitu luas, maka dari itu pemanfaatan lahan diperlukan. Dengan adanya sinergi bersama pengusaha perumahan yang tergabung dalam REI ini, kita berharap bisa membantu pemerintah dalam memaksimalkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi publik," katanya.

Sri menegaskan dalam menangani pemanasan global, diperlukan kolaborasi antara pemerintah, swasta dan organisasi pengusaha untuk terlibat di dalamnya.

Sri menyebutkan saat ini Kota Jambi telah menyediakan RTH dengan porsi 27 persen dari luas kota, hampir mendekati target yang ditetapkan sebesar 30 persen. Untuk itu, Pemerintah Kota Jambi, kata dia, siap melakukan penambahan-penambahan RTH bagi publik.

"Saat ini hanya tinggal tiga persen jika dihitung dalam kewajiban menyediakan RTH ini. Ke depannya seluruh jalan protokol akan kami lakukan penghijauan, karena sudah seharusnya peningkatan penduduk sebanding dengan sebaran RTH di Kota Jambi," kata Sri.

Ia berharap, pihak swasta lainnya dapat melakukan program yang sama terkait penghijauan melalui penanaman pohon.

Gerakan penanaman pohon ini, menjadi wujud pelestarian alam yang lebih luas yang dampaknya dirasakan generasi mendatang.

Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Jambi Abror Lubis mengatakan di Jambi pihaknya melakukan penanaman 1.000 pohon yang tersebar di beberapa titik.

"Penanaman pohon ini tersebar di beberapa titi perumahan yang tergabung dengan REI," kata dia.

Dengan adanya gerakan, REI bisa berkontribusi dalam memperbaiki kualitas hidup dengan oksigen yang lebih bersih, dan program ini dapat menjadi penanggulangan dari kerusakan alam.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024