Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Jambi, Anwar Sadat berharap pembangunan dermaga di Desa Pasar Senin, Kecamatan Pengabuan - Desa Sungai Landak, Kecamatan Senyerang dapat meningkatkan ekonomi dan mempermudah akses masyarakat.

Anwar di Kuala Tungkal, Selasa, mengatakan pembangunan dermaga penyeberangan yang menghubungkan dua wilayah kecamatan ini merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat dalam meningkatkan hasil perekonomian.
 
"Kita ketahui fungsi dari dermaga penyeberangan ini nantinya, mendongkrak perekonomian masyarakat dan bisa mengakses penghubung antar Kecamatan hingga ke Kabupaten tetangga," katanya.
 
Anwar Sadat menyebutkan pihaknya awalnya berharap bisa membangun jembatan bukan dermaga. Akan tetapi biaya pembuatannya begitu mahal sehingga APBD Tanjabbar tidak mampu untuk membuat jembatan itu. 
 
Sejumlah upaya agar jembatan itu bisa direalisasikan yakni dengan meminta bantuan provinsi dan pusat akan tetapi tetap tidak mampu karena biayanya yang cukup besar. Setidaknya hampir separuh dari APBD Tanjabbar maka solusi yang dipilih yakni pembangunan dermaga di dua titik ini.
 
"Kalau kita bangun Jembatan secara permanen itu anggarannya kurang lebih Rp700 milar dan tidak mampu apabila ditanggung melalui dana APBD kita. Karena tidak bisa bikin jembatan barulah muncul ide kita buat Dermaga saja," ungkapnya 
 
Bupati memastikan agar pembangunan dermaga penyeberangan tahun ini harus sudah selesai sehingga orang dari pasar senin ke sungai Landak bisa menggunakan kendaraan roda empat.
 
"Harus kita selesaikan pembangunan nya tahun ini, kita harapkan Pelaksanaan nya tepat waktu dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak," ujar dia.
 
Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Provinsi Jambi terpilih, Ahmad Jahfar mengatakan dengan adanya pembangunan dermaga penyeberangan desa pasar Senin Kecamatan Pengabuan ini merupakan harapan dan rasa syukur yang selama ini dinanti nantikan masyarakat.
 
"Selama ini kita kesulitan untuk Mendistribusikan hasil pertanian maupun material bangunan, namun dengan dibangun nya dermaga ini menjadi jawaban atas kebutuhan kita selama ini," katanya.
 
Jahfar tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Anwar Sadat yang selalu berkomunikasi terhadap aspirasi masyarakat.
 
 
 

Pewarta: Eko Siswono

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024