Pemerintah Kota Jambi bekerja sama dengan Sentra Alyatama Kementerian Sosial RI menyalurkan bantuan bagi penyandang disabilitas berupa sosial nutrisi, pengobatan anak, dan kewirausahaan.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Jambi, Kamis, mengatakan dari data yang diperoleh melalui Dinas Sosial Kota Jambi saat ini tercatat ada 1.501 warga penyandang disabilitas di daerah itu.

"Di kesempatan hari ini ada 38 orang penyandang disabilitas yang kita beri bantuan bekerja sama dengan Sentra Alyatama," katanya.

Sri menegaskan penanganan masalah disabilitas tidak dapat dilakukan sendiri, diperlukan kolaborasi dengan pemangku kebijakan terkait.

"Dalam melakukan kewajiban pemerintah tentunya diperlukan energi dari sumber anggaran yang memadai. Oleh karena itu, berbagai cara Pemkot Jambi telah menanganinya melalui APBD, namun tentunya tidak akan cukup mengatasinya sendiri sehingga adanya peran Sentra Alyatama Kementerian Sosial RI ini sangat membantu," kata dia.

Sri mengatakan bantuan yang diserahkan ini merupakan bagian dari perhatian pemerintah hadir kepada penyandang disabilitas, khususnya kali ini di Kota Jambi.

Kota Jambi merupakan tempat urbanisasi bagi sebagian warga kabupaten/kota sehingga menimbulkan permasalahan yang kompleks. Maka dari itu peran semua pihak sangat diperlukan, terutama dari Kemensos dan Pemprov Jambi terkait khususnya dalam penanganan disabilitas, gelandangan, pengemis, anak terlantar, dan orang tua terlantar.

Kepada penerima bantuan, Sri berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Kepala Sentra Alyatama Hendra Permana menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Jambi yang telah aktif dalam menekan permasalahan sosial.

"Pemkot Jambi ini luar biasa dengan segala keterbatasan sangat berambisi dalam membantu masyarakat dalam bidang sosial. Tentunya kami dari Kemensos mendukung, karena ini bukan kegiatan yang pertama kali," katanya.

Dengan keaktifannya itu, Hendra menyebut Kota Jambi merupakan fokus utama Sentra Alyatama dalam mendukung pemberian bantuan masalah sosial ini. Karena semangat dan peran aktifnya, beberapa bantuan lainnya juga telah disiapkan untuk kota Jambi.

Dia berharap bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kota Jambi.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024