Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Batanghari, Jambi mencatat ada 60 kasus kebakaran sepanjang tahun 2024.

Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Batanghari M. Jasmin di Muara Bulian, Jumat, mengatakan puluhan kasus kebakaran itu sejak Januari hingga September 2024.

"Ya kejadian kebakaran itu yang terdiri dari rumah, lahan dan ada juga kendaraan," katanya.

Untuk kebakaran di Kabupaten Batanghari ada 60 kejadian kebakaran yang terdiri dari 28 kebakaran bangunan, 30 kebakaran lahan dan dua kebakaran kendaraan. Penyebab kebakaran bangunan pada umumnya itu arus pendek listrik dan ada juga kesengajaan khususnya kebakaran lahan.

Namun, Jasmin juga mengatakan untuk kendala saat melakukan pemadaman tersebut pada saat ini yang sering ditemukan yaitu akses jalan menuju ke lokasi kejadian dan informasi yang masuk sedikit terlambat.

Untuk itu, Jasmin menghimbau kepada masyarakat tetap waspada dan memperhatikan kondisi rumah, mulai dari jaringan listrik hingga tidak meninggalkan rumah dengan kondisi kompor menyala.

"Bagi masyarakat agar segera memeriksa kembali jaringan listrik yang ada di rumah terutama kabel yang sudah lama," ujarnya

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024