Polres Batanghari, Jambi, mengerahkan sebanyak 35 personel untuk melakukan Operasi Zebra Siginjai 2024 di wilayah Kabupaten Batanghari.

Kasatlantas Polres Batanghari Iptu Agung Prasetyo Soegiono di Muara Bulian, Senin, mengatakan dalam mewujudkan situasi aman dan tertib berlalu lintas, Satlantas Polres Batanghari akan melaksanakan Operasi Zebra Siginjai tahun 2024.

"Selama dua pekan ini kita akan menggelar Operasi zebra Siginjai 2024 yang akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 14 sampai dengan 27 Oktober 2024," katanya.

Operasi Zebra ini bertujuan untuk menciptakan dan memelihara situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas pada masa pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Jambi terutama di Kabupaten Batanghari.

Operasi ini dimaksudkan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya berlalu lintas secara tertib, dan juga mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Batanghari.

Dalam Operasi zebra Siginjai 2024 tersebut, Agung menyebutkan ada sembilan jenis pelanggaran yaitu pengendara di bawah umur, pengguna ponsel saat berkendara, berkendara melawan arus, berboncengan lebih dari satu orang.

Kemudian kendaraan yang gunakan TNKB tidak sesuai spektek, kendaraan over demension dan over loading, kendaraan yang gunakan knalpot tidak sesuai, pelaku balap liar dan kendaraan bak terbuka yang mengangkut orang.

"Untuk masyarakat Kabupaten Batanghari tertib dalam berlalu lintas jaga situasi keamanan dan lebih penting dapat menjaga keselamatan diri sendiri karena pelanggaran lalu lintas menjadi awal adanya kecelakaan," tutupnya.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024