Pemerintah Kabupaten Merangin Jambi, memberikan penguatan kapasitas kepada nelayan kecil setempat, sebagai upaya meningkatkan produksi perikanan setempat.

Penjabat Bupati Merangin Jangcik Mohza dalam keterangan tertulisnya di Jambi Jumat mengatakan, pemerintah memberikan bimbingan teknis peningkatan kapasitas tenaga kerja nelayan kelompok usaha bersama.

Sebanyak 50 orang nelayan dari 24 kecamatan di Merangin mendapatkan pelatihan penangkapan ikan yang ramah lingkungan serta pengolahan hasil tangkapan.

Selain pelatihan teknis, nelayan juga mendapatkan pelatihan manajemen usaha perikanan, akses terhadap pasar, dan pembiayaan.

'’Saya berharap para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik,’’ kata Jangcik.

Dia juga berharap pelatihan ini akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para melayan kecil dan KUB.

‘’Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk terus belajar dan berinovasi demi kemajuan sektor perikanan,’’ kata Jangcik Mohza.

Dia menjelaskan pula, sektor perikanan merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian nasional. Nelayan kecil memiliki peran vital dalam menjaga keberlanjutan sumber daya perikanan serta memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Meski begitu, katanya, nelayan kecil itu sering kali menghadapi berbagai tantangan, baik dari segi teknologi, akses pasar, maupun kapasitas sumber daya manusia.

Karena itu, Jangcik Mohza minta, melalui kesempatan pelatihan ini, para nelayan berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki agar lebih mandiri dan berdaya saing.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2024