Jambi (ANTARA Jambi) - Kabut asap yang masih menyelimuti wilayah Kabupaten Sarolangun, Jambi, mulai berdampak terhadap munculnya penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) yang dialami warga di daerah itu.

"Selain kabut asap, musim kemarau panjang dan rendahnya kesadaran menjaga kesehatan dianggap menjadi penyebab utama munculnya penyakit ISPA," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun Adnan di Jambi, Selasa.

Menurut dia, penyakit diare mengalami peningkatan berkisar 10-20 persen sejak beberapa pekan terakhir dan diperkirakan terdapat 8.000 kasus penyakit ISPA yang harus segera ditanggulangi.

"Untuk mengantisipasinya, Dinkes Sarolangun telah berupaya menekan angka penderita ISPA melalui pengobatan serta penyuluhan," ujarnya.

Warga kecamatan di Kabupaten Sarolangun yang paling mendominasi terjangkit penyakit ISPA berada di Kecamatan Sarolangun, Singkut, Limbur Tembesi, Pauh, dan Mandiangin.

Adnan mengaku telah menginstruksikan setiap petugas puskesmas untuk proaktif mendekati penderita ISPA dan rutin melaksanakan pemantauan masyarakat sekitar.

Dinkes juga minta masyarakat turut berpartisipasi dengan cara menjaga kebersihan, kesehatan. Jika tidak terlalu penting, hindari aktivitas di luar rumah, terutama kalangan anak-anak.

"Gunakan masker jika ke luar rumah agar tidak terkena dampak kabut asap," katanya.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012