Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi  Hasan Basri Agus, berharap Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Jambi bisa dijadikan tempat pemulihan mental bagi para korban dan pencandu narkoba di Jambi.

"Pembinaan terhadap mental para pecandu narkoba khususnya generasi muda sangat perlu dilakukan untuk itu peran RSJ Jambi bisa maksimal nantinya," kata Hasan Basri Agus di Jambi, Selasa.

Terkait hal ini, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi untuk memberikan fasilitas kepada RSJ Jambi yang saat ini sedang dikembangkan agar bisa dimanfaatkan bagi pembinaan korban dan pencandu narkoba yang ada.

"Salah satu langkah untuk melakukan pembinaan terhadap para pecandu narkoba tersebut adalah dengan melibatkan pihak Rumah Sakit Jiwa dalam membina kembali mental para korban narkoba agar bisa normal lagi," kata Hasan Basri Agus.

Namun RSJ Jambi hanya melakukan pembinaan terhadap fisik para korban pecandu narkoba saja dan diharapkan juga peran pendampingan dari orang tua bisa lebih cepat memulihkan kondisi mereka.

Kemudian, untuk membina dan mengembalikan mental korban narkoba pihak RSJ juga akan membangun sekolah agama seperti madrasah yang keberadaannya untuk membantu pembinaan terhadap spiritual para korban pecandu narkoba.

"Konsep dari pemerintah provinsi pada RSJ nantinya adalah akan ada semacam madrasah kecil untuk membantu peningkatan keagamaan Islam pecandu narkoba," kata Hasan Basri Agusi.

Pembinaan terhadap para pecandu narkoba tersebut tidak hanya akan dilakukan oleh instansi pemerintah saja tetapi pihak-pihak lainnya diharapkan untuk ikut berperan dalam membina para pecandu narkoba tersebut.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2012