Palembang (ANTARA Jambi) - Real Estate Indonesia Sumatera Selatan akan membangun 1.000 unit rumah di 15 lokasi untuk pegawai negeri sipil di daerah itu yang belum memiliki tempat tinggal, dengan memanfaatkan pembiayaan Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan.

"Pada tahap awal dibangun 500 hingga 1.000 unit rumah yang ditawarkan pengembang anggota REI Sumsel ke PNS," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Sumsel Oka Mourod di Palembang, Jumat.

Ke depan jumlah itu akan ditingkatkan lagi karena sudah berkerja sama dengan Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapetarum) dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Pada sosialisasi kepemilikian rumah bagi PNS di Dinas PU Cipta Karya Sumsel itu, Oka Mourod didampingi Kepala Pelaksana Sekretariat Tetap Bapertarum Arief Baginda Siregar dan Pimpinan Cabang BTN Palembang Ade Prawita.

Menurut Oka, minat PNS untuk memiliki rumah terbilang tinggi karena dari 1.000 unit rumah yang ditawarkan pada sosialisasi itu terdapat 300 orang PNS telah mengisi formulir pernyataan minat.

Sebagian besar PNS itu tertarik memiliki rumah karena ingin memanfaatkan kemudahan yang diberikan Bapetarum yang menanggung uang muka.

Selain itu harga per unit rumah yang ditawarkan pengembang relatif terjangkau, karena cicilan per bulan berkisar satu juta rupiah dalam jangka waktu 20 tahun.

Kepemilikan rumah bagi PNS ini turut mendorong kebijakan Kementerian Perumahaan Rakyat yang menargetkan setiap kepala keluarga di Indonesia memiliki tempat tinggal.

Kepemilikan rumah bagi PNS yang kerap terganjal pada uang muka sudah teratasi oleh Bapetarum.

Untuk golongan I diberikan bantuan uang muka sebesar Rp1,2 juta, golongan II Rp1,5 juta, dan golongan III Rp1,8 juta.

"Sementara ini REI di Sumsel memfasilitasi untuk kepemilikian rumah bagi PNS, ke depan akan ada bantuan serupa bagi pekerja swasta dengan menggandeng Jamsostek, kemudian disusul tenaga kerja informal," katanya.

Pada 2013, REI Sumsel menargetkan membangun 15 ribu unit rumah, sementara realisasi pada 2012 sebesar 11 ribu unit.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013