Jambi (ANTARA Jambi) - Sekretaris Daerah Kota Jambi Daru Pratomo minta agar seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Jambi menjalin persahabatan dengan insan media.

Menurut dia di Jambi, Jumat, keberadaan pers di tengah-tengah penyelenggaraan pemerintahan berfungsi sebagai pengawas, pengontrol sekaligus pengritik yang diperlukan untuk memberikan masukan-masukan kepada pemerintah dalam pembangunan.

"Jadi jangan takut dengan wartawan, jangan sungkan-sungkan berbicara, jadikan rekan-rekan pers sebagai sahabat untuk kemajuan kita semua," katanya.

Sebaliknya, Daru juga minta kepada media agar selalu mengedepankan azas keberimbangan dalam setiap pemberitannya.

Jangan sampai isi berita yang ditulis hanya berisikan kesalahan-kesalahan dan kegagalan pemerintah saja, tapi juga harus mengekspose keberhasilan-keberhasilan pemerintah.

"Harus diakui dalam setiap program masih terdapat kegagalan atau kesalahan, tapi pasti juga ada keberhasilan-keberhasilanya yang patut disampaikan kepada masyarakat." ujarnya.

Selama ini, banyak pejabat di Jambi khususnya, yang enggan berbicara dan memberikan keterangan kepada media, sehingga informasi yang muncul setengah-setengah dan tidak dari sumbernya langsung.

"Ketika setiap ada persoalan, wartawan selalu nanya ke saya. Harusnya kan nanya ke kepala dinas atau kepala bidang yang bersangkutan. Kalau semua ditanya ke Sekda, takutnya muncul imej sekda ingin mendominasi. Selain itu, saya juga kerepotan menjelaskan semua hal kepada wartawan," ujarnya.

Sebenarnya, keenganan pejabat berbicara dan memberikan keterangan kepada media merupakan kebiasaan lama yang terus berlanjut hingga hari ini, sehingga kebiasaan itu membuat kemampuan pejabat dalam memberikan penjelasan ke media juga menjadi rendah.

"Pokoknya, sekarang pejabat wajib melayani wawancara dengan media, selagi dibatas waktu yang wajar. Pejabat harus menjelaskan kepada media tentang kerja mereka dan kondisi kota sesuai dengan tupoksi mereka. Jadikan media sebagai sahabat,' katanya.

Sekda berjanji akan menegur pejabat yang masih tidak mau memberikan keterngan kepada pers terkait bidang yang dia tangani.

"Laporkan ke saya, jika ada pejabat yang tidak mau memberikan keterangan, nanti akan saya tegur," katanya.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013