Jambi (ANTARA Jambi) - Wali Kota Jambi Bambang Priyanto melalui Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan Kota Jambi, Teguh Wiyono menyatakan, Pemkot Jambi terus mengupayakan kesejahteraan masyarakatnya, termasuk para petani ikan yang banyak tersebar di Kota Jambi.

Untuk memenuhi kebutuhan ikan pada masyarakat kota Jambi, saat ini Pemkot Jambi melalui Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan (Distan) Kota Jambi pada tahun ini memberikan bantuan bibit ikan kepada petani ikan, katanya di Jambi, Senin.

Teguh Wiyono mengatakan, saat ini Pemkot Jambi sudah menganggarkan semua dana untuk membantu petani ikan tersebut.

"Dananya sudah siap. Mungkin dalam waktu dekat semua bibitnya akan kita serahkan kepada masyarakat," kata Teguh.

Untuk tahun 2013 ini, pihaknya akan berupaya menyalurkan sebanyak tiga atau empat kali penyaluran kepada masyarakat.

Namun, untuk yang pertama ini, pihaknya menyalurkan sebanyak 180 ribu bibit ikan. "Jenisnya ada ikan lele, nila, patin dan ikan peliharaaan lainnya," katanya.

Dalam penyaluran bibit-bibit tersebut, pihaknya telah menentukan tujuh kelompok budidaya ikan yang telah dipilih oleh petugas lapangan dan juga telah dibina oleh Dinas Perikanan.

"Bibit yang kita berikan itu sudah sesuai dengan permintaan dari kelompok tani," katanya.

Ia juga menyebutkan, jika masyarakat Kota Jambi masih ingin membudidayakan ikan dan ingin dibantu oleh pemerintah, maka petani tersebut bisa mengajukan proposal kepada Distan.

"Ajukan saja proposalnya. Nanti kita verifikasi dulu, dan tim kita juga akan melakukan survei ke lapangan," ujarnya.

Selain memberikan bantuan berupa bibit, Dinas Perikanan Kota Jambi juga memberikan bantuan berupa jaring untuk kerambah apung dan keperluan petani lainnya.

"Kita hanya memberikan satu macam bantuan kepada masng-masing kelompok budidaya. Artinya, yang sudah diberikan bibit, tidak mendapat lagi bantuan yang lain. Begitu juga sebaliknya," kata Teguh.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013