Jambi (ANTARA Jambi) - Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi mengungkapkan radio Bennor FM yang merupakan radio yang dikelola generasi muda Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba Bukit 12 mengalami kerusakan serius akibat serangan kawanan cicak.

"Radio FM kita rusak berat sudah tiga bulan ini karena serangan kawanan cicak. Praktis saat ini kita tidak bisa lagi melakukan siaran sehingga aktivitas generasi muda SAD dalam mengelola radio tersebut terhenti 100 persen," kata Deputi Informasi, Komunikasi dan Media KKI Warsi Sukmareni di Jambi, Rabu.

Serangan yang dilakukan kawanan cicak tersebut adalah terhadap pemancar, monitor dan peralatan vital radio lainnya, sehingga mengalami kerusakan yang membutuhkan penanganan serius.

"Sayang di Jambi tidak ada yang bisa memperbaikinya, sehingga kita membawa kembali ke Jakarta, dan ternyata diketahui peralatan yang telah dirusak kawanan cicak tersebut tidak bisa diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru," ujar Reni.

Keberadaan radio bagi kalangan SAD khususnya generasi mudanya saat ini sudah semakin memegang peran penting menjadi satu-satunya perlatan media elektronik yang bisa dimiliki para SAD.

Pasalnya, kata Reni, sejak terbukanya arus informasi komunikasi seriring dengan telah adanya program pendidikan dan binaan terhadap mereka yang dilakukan Warsi, saat ini telah terjadi perubahan paradigma dan pola pikir masyarakat SAD yang sudah tidak lagi menjadi komunitas tertinggal dan tertutup.

Kebutuhan akan informasi dan hiburan mereka peroleh dari radio, sehingga banyak di antara keluarga SAD yang kini sudah memiliki radio transistor.

''Selain itu radio ini ternyata efektif pula menjadi wahana pembinaan terhadap generasi muda SAD, dimana kini ada di antara mereka yang menjadi kader sudah bertindak langsung sebagai pengelola dan reporter, dan telah banyak pula di antara anak SAD yang bercita-cita menjadi  wartawan,'' kata Reni.

Nama Bennor sendiri, kata Reni diambil dari bahasa SAD yang diambil dari sebutan untuk sejenis tanaman rambat yang banyak tumbuh di kawasan Taman Nasional Bukit 12.(Ant)

Pewarta:

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013