Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 20 sopir angkutan kota di Kabupaten Batanghari, Jambi, mengikuti uji kompetensi sopir teladan yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan setempat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batanghari, F Hermanto ketika ditemui, Selasa, mengatakan, uji kompentensi bagi para sopir angkutan kota (angkot) ini dilaksanakan dalam rangka mencari sopir teladan tingkat nasional.

"Uji kompetensi ini dilaksanakan dimulai dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat provinsi," katanya.

Ia mengungkapkan, uji kompentensi ini dilaksanakan selama empat hari, terdiri dari dua hari pendalaman materi dan dua hari lagi dilaksankan ujian tertulis.

Jika ada peserta yang tidak mengikuti uji kompetensi satu hari saja maka mereka dinyatakan gagal, hasil uji kompetensi nantinya akan diumumkan setelah para sopir angkot selesai melaksanakan uji kompentesi.

Ia juga menjelaskan, dalam uji kompetensi tersebut, para peserta akan mengikuti beberapa uji materi, di antaranya lalu lintas, jasa raharja, organda dan bidang rambu-rambu lalulintas      lainnya.

Dari 20 peserta yang ikut uji kompentesi nantinya akan diambil sebanyak lima orang, mereka selanjutnya akan mengikuti uji kompetensi tingkat Provinsi Jambi.

"Jika mereka lulus di tingkat provinsi, mereka akan mengikuti uji kompetensi tingkat nasional di Jakarta yang diikuti semua peserta seluruh Indoensia," ujarnya.

Hermanto menjelaskan, pada tahun 2011, Dishub Batanghari juga mengirimkan satu perwakilan sopir teladan atas nama Edisuratman, namun hanya meraih juara harapan.

Kemudian, pada tahun 2012 juga mengirimkan salah satu peserta namun pada saat itu juga hanya meraih juara harapan.

Ia mengharapkan pada tahun 2013, sopir teladan yang akan dikirim ke tingkat Provinsi Jambi bisa berhasil meraih nilai maksimal dan bisa mewakili Batanghari untuk  uji kompetensi tingkat nasional di Jakarta.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013