Jambi (ANTARA Jambi) - Untuk menekan semakin meningkatnya penyakit rabies akibat gigitan anjing liar/gila, Dinas Peternekan dan Perikanan Kabupaten Batanghari, Jambi, berencana melaksanakan program sosialisasi Bulan Bakti Rabies pada Oktober mendatang.

Kepala Bidang Pengamanan Ternak dan Hewan, Dinas Peternakan dan Perikanan Batanghari, Zulmanudin ketika dihubungi, Minggu, mengatakan, Bulan Bakti Rabies ini dilaksanakan demi menekan penyebaran virus rabies.

Program sosialisasi tersebut akan dilaksanakan di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang. Alasan dipilihnya Desa Bungku sebagai pusat sosialisasi, karena populasi anjing di desa tersebut cukup banyak.

"Di Desa Bungku ada satu KK yang memelihara anjing sampai 14 ekor, rata-rata warga di sana memelihara anjing, karena kegiatan Bulan Bakti Rabies kita pusatkan di sana," ujarnya.

Program Bulan Bakti Rabies ini nantinya juga akan melibatkan Dinas Peternakan Provinsi Jambi, serta kepala desa setempat, sehingga nantinya diharapkan dengan adanya sosialisasi seperti ini, masyarakat setempat bisa lebih mengetahui bagaimana cara mengantisipasi menyebarnya virus rabies tersebut.

Ia juga mengatakan, saat ini jumlah penyakit rabies di Kabupaten Batanghari mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, sekalipun Dinas Peternakan dan Perikanan sudah melaksanakan eliminasi anjing liar/gila.

"Ya, saat ini jumlah penyakit rabies akibat terkena gigitan anjing di Kabupaten Batanghari semakin meningkat. Dari data yang diperoleh dalam satu desa ada sekitar lima penderita virus rabies," katanya lagi.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013