Sekayu, Sumsel (ANTARA Jambi)  - Sebanyak 30 pranata hubungan masyarakat Pemkab Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, diberikan pelatihan jurnalistik agar mampu mengemas informasi untuk publik secara singkat, padat, akurat, dan menarik.

"Pelatihan jurnalistik para pranata humas itu dipercayakan kepada Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA  sebagai kantor berita milik negara yang dinilai memiliki visi dan misi yang sama dengan Pemkab Muba," kata Kabag Humas Setda Musi Banyuasin Dicky Meiriando ketika membuka pelatihan jurnalistik di Sekayu, Senin.

Ia mengatakan, Pemkab Muba berkeinginan melaksanakan Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik secara maksimal dengan menyampaikan berbagai informasi yang perlu diketahui masyarakat secara luas.

Untuk menyampaikan informasi di setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diperlukan pranata humas yang memiliki kemampuan mengemas informasi dengan baik dan menyebarluaskannya kepada masyarakat.

Dengan dibekali pelatihan jurnalistik seperti membuat berita teks dan foto serta mengenal pengelolaan portal berita atau "media online" dari tim Perum LKBN Antara diharapkan para pranata humas bisa menjadi ujung tombak penyebarluasan informasi di lingkungan Pemkab Muba kepada publik, katanya.

Pemkab Muba juga menggandeng Kantor Berita ANTARA untuk mempublikasikan berbagai informasi di seluruh SKPD yang dibuat oleh para pranata humas dan berbagai potensi daerah kepada masyarakat luas termasuk ke luar negeri.

"Kabupaten Muba memiliki potensi sumber daya alam yang cukup kaya seperti bahan tambang, serta hasil perkebunan karet dan kelapa sawit yang perlu dipromosikan secara luas," ujar Dicky.

Sementara Kepala Biro Perum LKBN ANTARA Sumatera Selatan Indra Gultom menyatakan menyambut baik kerja sama dengan Pemkab Muba untuk memberikan pelatihan mengenai jurnalistik dan membantu mempromosikan potensi daerah secara luas.

Melalui promosi itu diharapkan sehingga daerah ini semakin dikenal dan dapat menarik investor datang ke Kabupaten Muba.

Untuk melakukan promosi potensi daerah secara luas, Perum LKBN ANTARA sebagai kantor berita milik negara dan humas negara yang memiliki jaringan luas secara nasional dan internasional siap menjadi mitra Humas Pemkab Muba menyebarluaskan berbagai informasi.

Dalam pelatihan jurnalistik yang berlangsung selama dua hari pada 21-22 Oktober 2013 itu tampil memberikan materi Kepala Biro Perum LKBN ANTARA Sumatera Selatan Indra Gultom, wartawan dan redaktur "media online" antarasumsel.com Yudi Abdullah, dan Koordinator Web Sumbagsel Arina Suwanto.(Ant)

Pewarta: Yudi Abdullah

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013