Jambi (ANTARA Jambi) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari, Jambi, Jumat, menggelar rapat pleno dan menetapkan daftar pemilih tetap pemilu 2014 hasil perbaikan yang berjumlah 186.959 mata pilih.

Ketua KPU Batanghari Mohd Zamani ketika ditemui, Jumat mengatakan, dengan pleno terakhir ini diharapkan tidak ada lagi masalah dengan DPT di Batanghari, karena semua telah divalidasi.

"Kita sudah berusaha keras untuk melengkapi daftar mata pilih. Diharapkan tidak ada lagi penduduk yang tidak masuk DPT," katanya.

Ia menjelaskan, pleno penetapan DPT ini adalah pleno terakhir, jika terjadi kesalahan dalam penetapan perbaikan DPT ini, KPU Batanghari siap betanggung jawab.

Zamani menjelaskan, ada delapan kecamatan yang berkesempatan untuk menyampaikan hasil perbaikan DPT. Dari penyampaian masing-masing panita pemilihan kecamatan (PPK) ada DPT yang berkurang dan ada yang bertambah.

Komisioner KPU Batanghari M Amin selaku kelompok kerja mata pilih mengatakan, dalam perbaikan ada tiga kemungkinan, yakni jumlahnya bisa tetap pada angka sebelumnya, bisa bertambah atau bisa berkurang.

"Hasil penyampaian dari delapan kecamatan itu dijadikan satu maka jumlah DPT hasil perbaikan saat ini sebanyak 186.959 pemilih," katanya.

Amin mengatakan, rapat pleno tersebut juga dihadiri anggota Panwaslu se-Kabupaten Batanghari, dan penetapan DPT ini merupakan kali ketiga dengan harapan dapat menciptakan pemilu yang lancar.

Sebelumnya pada 11 Oktober, KPU Batanghari sudah menetapkan DPT, ketika itu KPU sudah menetapkan jumlah mata pilih dari delapan kecamatan sebanyak 186.963 jiwa. Setelah itu ada perbaikan lagi saat rakor di Jambi DPT ditetapkan sebanyak 186.928 mata pilih.

"Dari hasil pleno perbaikan hari ini, ditetapkan DPT Kabupaten Batanghari sebanyak 186.959 orang," tambah Amin.(Ant)

Pewarta: Heriyanto

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013