Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur jambi Hasan Basri Agus mengharapkan agar mahasiswa dapat membawa perubahan dan terus berkarya secara ilmiah untuk membantu pemerintah dalam pembangunan maupun sosial kemasyarakatan.

"Mahasiswa merupakan agen perubahan. Mahasiswa harus terus melakukan diskusi untuk menghasilkan kesepakatan yang dapat diaplikasikan di tengah masyarakat," kata Gubernur di Jambi, Sabtu.

Harapan tersebut disampaikan Hasan Basri Agus dalam Sarasehan dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Badan Eksekutif Mahasiswa/Dewan Mahasiswa (BEM/Dema) Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) se-Indonesia yang berlansung di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Thaha Jambi.

Acara yang mengambil tema "Mahasiswa Bicara Indonesia 2014" tersebut juga dihadiri Ketua DPR RI Marzuki Alie yang ikut menyampaikan arahannya.

Menurut Gubernur, setiap kesepakatan yang dihasilkan mahasiswa sebaiknya bisa diterapkan dalam program-program pembangunan yang tengah dilaksanakan oleh pemerintah.

"Pemerintah terus mendorong perguruan tinggi dan mahasiswa agar bisa ikut berkiprah dalam pembangunan," ujarnya.

Selain itu, salah satu yang diharapkan Gubernur dari perguruan tinggi ialah lahirnya sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing yang tinggi, termasuk di Jambi untuk mendukung misi Jambi dengan "Ekonomi Maju, Aman, Adil dan Sejahtera (EMAS) 2015".

Sementara Ketua DPR RI Marzuki Alie berharap mahasiswa perguruan tinggi Islam terus berkarya membangun bangsa melalui kecerdasan spiritual, emosional, disamping kecerdasan intelektual.

Bangsa Indonesia dibangun dan merdeka atas perjuangan bersama dari setiap daerah, oleh sebab itu bangsa Indonesia membutuhkan persatuan dan kesatuan dan secara bersama membangun negeri serta memberantas korupsi, katanya.

Persatuan tersebut akan lebih kokoh jika mahasiswa terus melakukan silaturrahmi seperti mengadakan acara yang bersifat nasional, tambahnya.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013