Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Minggu membuka lomba arung jeram Jambi-Merangin Geopark Rafting Championship 2013 tingkat nasional, di Sungai Batang Merangin, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Acara pembukaan berlangsung di lokasi garis start yang berada di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pemberab.

Gubernur mengatakan lomba arung jeram ini akan diupayakan bisa menjadi kegiatan tahunan Provinsi Jambi. Kegiatan ini juga sekaligus untuk mempromosikan Geopark Merangin.

"Lomba arung jeram di Merangin ini beda dengan di daerah lainnya. Ini merupakan even perpaduan olahraga dengan wisata alam. Para peserta dapat melihat geopark, warisan dunia di sepanjang aliran sungai yang dilalui," katanya.

Sementara itu, Bupati Merangin Al Haris mengatakan, lomba arung jeram yang mengambil rute menyusuri kawasan geopark Merangin telah dilaksanakan sejak 1998. Selanjutnya diadakan kegiatan yang sama pada tahun 2008, dan tahun 2013 ini.

"Ke depannya Kabupaten Merangin siap melaksanakan even bergengsi ini untuk tingkat internasional. Rutenya akan kita permanenkan,” ujar Haris.

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, yang diwakili Deputi Kementerian Pemuda dan Olahraga mengatakan arung jeram merupakan olahraga yang memerlukan keterampilan khusus. Untuk itu para peserta diingatkan agar lebih berhati-hati.

Agus Rasyid, utusan dari Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen mengembangkan olahraga arung jeram.

"Olahraga ini telah masuk sebagai anggota KONI dan mulai tahun depan masuk dalam salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada PON di Jawa Barat," tambahnya.(Ant)

Pewarta: Nurul Fahmy

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2013