Jambi (ANTARA Jambi) - Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Jambi Zumi Zola melakukan penanaman perdana cabai di lokasi Gapoktan Timbul Jaya sekaligus lokasi tata kelola air mikro (TAM) di Desa Simbur Naik, Kecamatan Muara Sabak Timur.

Dalam tanam perdana cabai yang berlangsung, Senin, tersebut mengusung tema "Melalui pengolaan tata air mikro, kita tingkatkan indeks pertanaman dengan pola tanam padi, sayuran dan palawija".

Zumi Zola mengatakan kegiatan ini merupakan cita-cita bersama, baik masyarakat petani maupun pemerintah daerah.

"Ini merupakan program Pemda, tapi tanpa dukungan petani maka program ini tidak akan berhasil. Jika petaninya ikut mendukung, Insya Allah, ekonomi petani akan meningkat," ujar Bupati.

Melalui kegiatan ini, Zola berharap kepada para petani agar jangan ada keraguan lagi untuk menanam palawija di lahan petani.

"Di Tanjabtim telah ditetapkan lahan seluas 17 ribu hektare ditambah empat ribu hektare, yang diperuntukkan bagi tanaman pangan," kata Zola.

Menurut dia, selama lahan pertanian petani ada yang ditanami jenis palawija maka pemerintah daerah akan membantu, namun yang akan dibantu adalah khusus tanaman pangan.

Bupati memberikan apresiasi kepada kepala desa untuk mengelola lahan desa, hal ini perlu dicontoh oleh para kepala desa lainnya.

"Saya minta semua penyuluh terus mendampingi petani. Ini semua semata-mata untuk kemajuan pertanian di wilayah Tanjabtim," kata Zola.

Di lokasi pengembangan tata air mikro dan di lokasi Kelompok Tani Maju Jaya terdapat lahan seluas 6,7 hektare yang akan diperuntukkan lokasi penanaman cabai.(Ant)

Pewarta: Edison

Editor : Edy Supriyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2014